Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Melek Tanpa Minum Kopi, Ini Caranya

Melek Tanpa Minum Kopi, Ini Caranya

image
Mengunyah permen karet akan membuat Anda terjaga lebih lama. Foto Metro/dok

ANDA tidak harus minum beberapa cangkir kopi agar bisa tetap melek sepanjang malam. Sebab, ada beberapa cara yang bisa membuat Anda tetap terjaga layaknya minum kopi.

Apa saja?

1. Mengunyah permen karet
Permen karet bermanfaat untuk menyegarkan nafas, namun juga dapat merevitalisasi tubuh Anda. Dalam sebuah studi di Inggris tahun 2012 lalu, mereka yang mengunyah permen karet selama 15 menit merasa lebih terjaga daripada mereka yang tidak.

Mengunyah permen karet meningkatkan denyut jantung, yang juga meningkatkan aliran darah ke otak, serta membuat kita lebih betah melek.

2. Mengudap camilan dari gandum
Gandum memberikan kita energi lebih besar daripada tepung terigu yang justru mengandung lebih banyak karbohidrat. Seseorang yang makan tiga porsi gandum per hari akan mengalami peningkatan energi.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi gandum juga dapat membuat seseorang merasa lamban. Sebab, gandum memicu produksi hormon serotonin yang dapat membuat kita mengantuk.
Makanlah gandum, entah yang sudah diolah menjadi kue ataupun sereal, saat sarapan agar bisa mendapatkan kuota energi untuk sepanjang hari.

3. Nyalakan lampu
Sinar yang terang dapat membuat otak kita terjaga. Tapi tidak semua sinar menghasilkan stimulasi yang sama. Studi dari Lighting Research Center di New York menemukan bahwa lampu bohlam lebih mampu membuat kita terjaga ketimbang lampu neon.

Sayangnya, sinar merah yang dihasilkan lampu bohlam juga lebih membuat mata kita iritasi dan terganggu. Berbeda dengan sinar biru dari lampu neon yang lebih membuat kita tenang.

4. Pelajari hal baru
Menurut penelitian dari University of Michigan, kebanyakan aktivitas kerja kita yakni mengecek e-mail, mengerjakan tugas demi tugas, atau membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Sebenarnya, aktivitas rutin ini cepat membuat kita jenuh dan kekurangan energi. Maka solusinya adalah : lakukan hal baru.

Semakin Anda membuat otak menjadi aktif, semakin banyak energi Anda untuk beraktivitas. Bahkan tidur yang tidak berkualitas pun dapat diatasi dengan sesuatu yang menarik.

5. Berkebun
Melakukan sesuatu yang kita sukai adalah cara paling ampuh untuk tetap berenergi dalam menjalankan aktivitas.
Peneliti dari Jerman menemukan fakta bahwa hobi yang melibatkan aktivitas fisik seperti berkebun ternyata menghasilkan banyak energi daripada membaca buku.

Menggali tanah ternyata dapat menstimulasi tubuh kita untuk memerangi stres dan menimbulkan lebih banyak energi.
Dengan berkebun, ion positif memancar dari tubuh Anda dan ion negatif mengalir dari muka bumi. Untuk itu, lepaskan sarung tangan dan bertelanjang kaki saat berkebun. Dengan ‘membumi’, energi Anda akan lebih besar.

6. Nyanyikan lagu favorit
Musik itu menimbulkan energi, terlebih jika Anda ikut bernyanyi. Menurut para peneliti di London, Inggris, bernyanyi meningkatkan muatan energi dan menurunkan stres. Bernyanyi membuat Anda merasa bebas sementara dan menjauhkan diri dari sesuatu yang membebani Anda.

Pilihlah sebuah musik yang benar-benar membuat Anda ingin bernyanyi. Lalu bernyanyilah dengan berdiri untuk mendapatkan energi instan.

7. Memijat kuping
Memberikan tekanan di telinga terluar akan membantu membuat tubuh merasa senang. Sebab, dalam tubuh kita terdapat titik-titik akupresur yang juga merupakan jalan pintas untuk mendapatkan energi.

Pijatlah seluruh titik di telinga menggunakan ibu jari dan telunjuk dan dapatkan aliran energi untuk tetap melek. (ren)