Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Memex, Search Engine Sekaligus Superhero Online

Memex, Search Engine Sekaligus Superhero Online

httpassets.cougar.nineentertainment.com_.auassetsTechLife201305092742search_img_hero.jpg

SETELAH Google, Yahoo dan Bing, dunia maya akan makin ramai dengan kehadiran Memex. Memex, yang merupakan kependekan kata dari Memory and Index, merupakan aplikasi search engine yang tengah dikembangkan oleh Lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

DARPA mengklaim Memex jauh lebih canggih daripada Google. Plus, Memex diciptakan untuk dapat memerangi kejahatan di muka bumi, terutama terkait prostitusi online dan human trafficking. Ke depannya, pencetus Memex, Christopher White, ingin mengembangkan aplikasi ini agar dapat memerangi kejahatan terorisme seperti ISIS.

Perbedaan Memex dengan ketiga search engine yang telah lebih dulu populer adalah penyajian informasi berupa infografis canggih, bukannya tampilan linear dan berbasis iklan seperti yang dilakukan Google. Cara kerjanya pun lebih rumit.

Saat ini, Memex tersedia secara gratis dan tersedia untuk diakses oleh publik. Alasannya mengapa White menyediakan layanan ini secara publik ialah karena semua pengerjaan layanan ini menggunakan dana yang berasal dari pajak warga AS. (ren)