Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Memompa Semangat Tahanan Wanita lewat Pelatihan Kirigami

Memompa Semangat Tahanan Wanita lewat Pelatihan Kirigami

METROSEMARANG.COM – Agung Setyabudi tak kuasa menahan haru tatkala melihat tahanan wanita yang mendekam di LP Klas IIA Bulu Jalan Mgr Soegijapranata. Ia jadi ingat dengan ibundanya bagaimana jika berada dalam kondisi yang sama.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Mereka mengingatkan saya dengan ibu saya,” katanya dengan mata berkaca-kaca usai menggelar pelatihan seni melipat kertas kirigami, Selasa (4/10).

Ia yang sejak lama kehilangan satu kakinya akibat diamputasi mengatakan sosok wanita sebenarnya tegar menghadapi masalah. Di Lapas Bulu saja, katanya banyak wanita yang tetap menebar senyuman walaupun harus meringkuk selama bertahun-tahun.

Dengan memberikan pelatihan kirigami, ia ingin kembali memompa semangat tahanan wanita agar tak patah arang.

“Apalagi, saya sebagai anggota Komunitas Sahabat Difabel sehingga mempunyai pendekatannya lebih dalam kepada mereka. Saya berbagi motivasi dengan saudara cantik di LP Bulu,” ujarnya.

Menurutnya ruangan aula yang sempit tak menyurutkanya untuk menyemangati mereka sekaligus melatih pembuatan kirigami. Kerajinan kirigami bahkan baru didapatkan tahanan wanita kali ini.

“Padahal itu bisa juga diaplikasikan ke kain dan sabun. Lewat hal itu saya ingin menanamkan bahwa masa lalu adalah masa yang berbeda. Ketika terjembab pada masalah hukum bukan akhir segalanya seperti kaki saya yang diamputasi tapi bisa bangkit lagi,” terangnya.

Ia sejak lama menebar virus semangat nekat pada hal-hal positif bagi pelajar dan tahanan di penjara. “Di Bulu saya sudah sejak tiga hari terakhir,” bebernya.

Komunitas Sahabat Difabel didirikan 1,5 tahun terakhir. Di Bulu ia ditemani lima temannya. (far)