Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Menang 3-0, PSIS Benamkan Persipur di Dasar Klasemen

Menang 3-0, PSIS Benamkan Persipur di Dasar Klasemen

METROSEMARANG.COM – PSIS memetik kemenangan telak tiga gol tanpa balas atas Persipur Purwodadi di Stadion Jatidiri, Minggu (24/7) sore. Dua gol Hari Nur dan Johan Yoga membenamkan Persipur di dasar klasemen Grup 4 Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Johan Yoga membuka kemenangan PSIS atas Persipur, Minggu (24/7). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Johan Yoga membuka kemenangan PSIS atas Persipur, Minggu (24/7). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Kedua tim mengawali pertandingan dengan tempo lambat. Persipur hanya menempatkan Toni Suhartono dan menumpuk pemainnya di area sendiri.

Strategi ini cukup ampuh menahan gempuran tuan rumah yang mengandalkan Hari Nur dan Dani Raharjanto dari kedua sayap. Hingga 15 menit tak ada peluang dihasilkan kedua kubu.

Di menit 16 tuan rumah mengklaim penalti setelah Feri Ariawan terjatuh di kotak 16 meter. Namun, wasit Hendi Rohendi tetap meminta play on.

Gagal menembus dari sayap, anak asuh Eko Riyadi mencoba peruntungan dari area tengah. Tapi, lagi-lagi Johan Yoga cs harus menghadapi rapatnya pertahanan Persipur.

Hingga paruh pertama berakhir, nyaris tak ada peluang emas buat tuan rumah.

Skuat Mahesa Jenar mencoba meningkatkan tekanan di awal babak kedua. Tiga menit setelah jeda, PSIS mendapat peluang pertama di pertandingan ini. Bek kanan Safrudin Tahar melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Persipur dan diakhiri sepakan yang masih bisa dimentahkan kiper Yoga Arif Wahyu.

Semenit kemudian, M Yunus dan Hari Nur berturut-turut memberi ancaman ke gawang Persipur. Tapi, usaha mereka belum menemui sasaran.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 55. Crossing Safrudin Tahar dari sisi kanan diteruskan lewat sundulan oleh Johan Yoga dan sukses mengoyak gawang Persipur.

Unggul satu gol, tuan rumah makin gencar melancarkan serangan. Di menit 76, Johan nyaris menggandakan keunggulan PSIS. Sepakan kapten Mahesa Jenar ini masih mengarah tepat ke pelukan Yoga Arif.

Penalti! Menit 80, akselerasi Johan Yoga di sisi kiri pertahanan Persipur dihentikan oleh Aris Fandi dan berbuah penalti untuk tuan rumah. Hari Nur yang menjadi eksekutor, sukses menambah keunggulan PSIS.

Tim tamu makin terpuruk setelah Hari Nur kembali mengukir gol di menit 86. Gol ini lagi-lagi diawali serangan dari sayap kanan. Safrudin Tahar lolos dari perangkap offside, melepaskan umpan terukur dan sukses diteruskan sepakan kaki kanan Hari Nur.

Di sisa pertandingan, tuan rumah masih bisa menghasilkan tiga peluang lagi melalui Hari Nur dan Tegar. Namun, tak satupun berbuah gol.

Kemenangan ini menempatkan PSIS kokoh di puncak klasemen dengan 16 poin. Sementara, Persipur makin terpuruk di posisi juru kunci dan baru mengoleksi tiga poin. (twy)

Susunan Pemain
PSIS 4-2-3-1: Barep Wahyudi–Safrudin Tahar, AM Bahtiar, Tegar Pribadi, Fajar Bagus; M Yunus, Ahmad Agung; Dani Raharjanto, Feri Ariawan, Hari Nur; Johan Yoga

Persipur 4-5-1: Yoga Arif–Diaz Bayu, Aries Fandi, Gani Pulhehe, Heri Susilo; Eko Septiono, Mardiansyah, Rachman Purwanto, Reno Nugraha, Ananias Fingkreuw; Toni Suhartono