Home > METRO BERITA > Mendagri Anggap Bela Negara untuk Teruskan Perjuangan Bangsa Indonesia

Mendagri Anggap Bela Negara untuk Teruskan Perjuangan Bangsa Indonesia

Mendagri Tjahjo Kumolo Foto: metrosemarang.com/dok
Mendagri Tjahjo Kumolo
Foto: metrosemarang.com/dok

 

METROSEMARANG.COM – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menganggap program bela negara bagi 100 juta rakyat Indonesia yang diusulkan Menhan Ryamizard Ryacudu penting direalisasikan, untuk meneruskan semangat perjuangan bangsa di masa mendatang. Sikap itu tak hanya ditunjukkan TNI/Polri saja, tapi setiap warga negara juga punya hak dan kewajiban untuk membela negara.

“Ini artinya, sebagai warga negara yang baik harus berkewajiban ikut membela negara. Bela negara saya kira tidak hanya dilakukan TNI/Polri tapi seluruh warga negara Indonesia harus mempertahankan kedaulatan NKRI,” ujar Tjahjo saat menghadiri acara seminar di Universitas Diponegoro Semarang, Kamis (15/10).

Pembekalan bela negara bagi warga sipil, diharapkan nantinya setiap orang berani menentukan sikap tentang siapa kawan dan lawan. Lebih jauh, menurutnya, konsep bela negara sendiri tak hanya seputar pelatihan kedisiplinan saja, melainkan beberapa pelatihan pemahaman persenjataan yang harus dipelajari WNI.

“Makanya itu harus ada pelatihan tentang kedisiplinan dan pemahaman dalam menggunakan senjata,” imbuhnya.

Ia melanjutkan sikap bela negara tak hanya dilakukan lewat pelatihan militer namun sikap berani bertugas meninggalkan keluarga untuk panggilan negara, seperti yang dimiliki oleh TNI. “Untuk itu, bela negara yang disiapkan pemerintah agar bisa bersama komponen bangsa untuk semangat nasionalisme,” tutupnya. (far)