Home > METRO BERITA > Meneladani Kisah Nabi dari Dongeng Kak Jendro

Meneladani Kisah Nabi dari Dongeng Kak Jendro

METROSEMARANG.COM – Gelak tawa memenuhi area bermain KB-TK Hj Isriati Baiturrahman 2, Sabtu (10/9) pagi. Kak Jendro, seorang pendongeng dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) mendongeng kisah Nabi Ibrahim. Gaya bercerita Kak Jendro yang lucu mampu menarik perhatian puluhan siswa KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 2.

Gaya Kak Jendo mendongeng di hadapan anak-anak. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Gaya Kak Jendo mendongeng di hadapan anak-anak. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Menurut Kak Jendro mendongeng dapat menjadi media efektif untuk menasihati anak-anak. Anak mampu menerima pesan melalui penuturan yang menyenangkan tanpa kesan menggurui.

“Memang dongeng disertai candaan dan gambar akan lebih mudah diterima anak-anak dari pada nasihat lewat lisan saja,” kata Kak Jendro saat ditemuiĀ metrosemarang.com.

Tema cerita yang disampaikan bertepatan dengan momentum Idul Adha. Kisah tentang Nabi Ibrahim yang, diperintahkan menyembelih putranya Nabi Ismail. Kisah itu termasuk dalam Sirah Nabawiyah sebelum Nabi Muhammad SAW.

“Cerita tadi tentang asal usul diperintahkan kurban bagi umat muslim,” imbuh Kak Jendro.

Dalam mendongeng, Kak Jendro menggunakan sebuah boneka yang dapat berbicara untuk makin menarik perhatian anak. Selain itu juga ia mengubah karakter suaranya sesuai dengan peran dalam ceritanya.

Pria bernama lengkap Harjenro Pramutiyas Utomo, mengaku sangat ingin membuat anak-anak bisa berperilaku sesuai usianya. Menurutnya banyak anak-anak yang sudah berbicara dengan bahasa tidak sesuai usia.

“Saya sudah mendongeng sejak 4 tahun lalu, belajar secara otodidak,” pungkas Jendro yang juga guru kelas dua di SD Hj. Isriati 2. (vit)