Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mengeluh Gatal-gatal, Payudara Mahasiswi Ini Ternyata Diserang Kutu

Mengeluh Gatal-gatal, Payudara Mahasiswi Ini Ternyata Diserang Kutu

METROSEMARANG.COM – Sejumlah mahasiswi tiba-tiba terperanjat kaget tatkala mendengar paparan seminar pendidikan seksual di Gedung Dekanat Fakultas Olahraga Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Sekaran Gunungpati, Sabtu (18/12). Selama setengah jam, Dr Intan Zainafri seorang Dosen IKM Unnes membeberkan berbagai temuannya mengenai permasalahan kesehatan reproduksi yang dialami mahasiswinya.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Di depan ratusan peserta seminar tersebut, ia mengatakan rendahnya pemahaman kesehatan pada organ reproduksi tak jarang membuat perempuan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Ia bahkan pernah menemukan keluhan pada seorang mahasiswinya yang mengalami gatal-gatal pada bagian payudaranya.

Si mahasiswi tersebut, kata Intan, awalnya hanya mengeluh gatal-gatal pada payudaranya. Penyebabnya, usai berkuliah si mahasiswi tersebut diketahui kerap gonta-ganti pakaian dalamnya hampir tiap hari.

“Tapi dia kurang memperhatikan kebersihannya. Akibat kerap mengganti bra yang berbusa dengan bra biasa dan selalu dijemur saat siang hari maka lama-kelamaan dia mengalami gatal-gatal dan setelah diperiksa ternyata ada kutu pada payudaranya,” ungkapnya tanpa menyebut identitas mahasiswi tersebut.

Karena itulah, ia menegaskan pendidikan seksual tak hanya melulu membahas soal orientasi seksual dan perlindungan anak dari kegiatan seks bebas saja. Namun, katanya orangtua juga harus berperan aktif dalam meningkatkan pemahaman bagi kesehatan organ reproduksi anaknya.

Sementara seorang mahasiswi Unnes peserta seminar mengaku kaget karena ternyata terdapat penyakit kulit yang menyerang pada organ payudara wanita. Baginya ini pengetahuan baru yang harus ia ketahui lebih mendalam. “Kok bisa ada yang begituan ya,” katanya.

Acara seminar bertajuk ‘Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak dan Remaja’ itu juga menghadirkan tiga narasumber lainnya mulai Irwan Budiono dosen lainnya dari Unnes, Monique Soesman Direktur Rutgers WPF Indonesia dan Budi Wahyuni, Ketua Komnas Perempuan. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link