Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mengenal Mbah Sholeh Darat dalam Bingkai Buku

Mengenal Mbah Sholeh Darat dalam Bingkai Buku

METROSEMARANG.COM – Dalam rangkaian acara peringatan Hari Santri yang akan jatuh pada 22 Oktober mendatang, PCNU Kota Semarang bekerja sama dengan PKPI2 Universitas Wakhid Hasyim Semarang mengadakan bedah buku KH. Muhammad Sholeh Darat Al-Samarani, Rabu (19/10) siang.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Buku karya Amirul Ulum tersebut berisi tentang kehidupan Mbah Sholeh Darat hingga keterkaitannya dengan tokoh pelopor emansipasi wanita, RA Kartini.

“Saya bersyukur dan bangga karya beliau bisa bermanfaat dan masih dikaji sampai sekarang, meskipun sosok beliau yang saya tahu sebenarnya enggan disebut dengan panggilan Kyai,” kata Gus Taufik, salah satu keluarga Mbah Sholeh Darat.

Terpisah, Fitria Martanti, Sekretaris PKPI2 Unwahas menuturkan pihaknya berharap dengan bedah buku tersebut dapat menginspirasi mahasiswa untuk meneliti tentang kiprah ulama Nusantara.

“Semoga makin banyak generasi yang mengenal sosok Mbah Sholeh Darat, karena beliau adalah gurunya para ulama Nusantara,” kata Fitria.

Bedah buku tersebut dihadiri pula oleh Rektor Unwahas, Muzakir Ali. Ia mengatakan akan mendukung penuh apabila akan dilakukan kajian tentang karya-karya Mbah Sholeh Darat. (vit)