Home > METRO BERITA > Mengintip Deretan Kereta Kuno di Lawang Sewu saat Weekend

Mengintip Deretan Kereta Kuno di Lawang Sewu saat Weekend

Pameran foto jadi daya tarik pengunjung Lawang Sewu. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Pameran foto jadi daya tarik pengunjung Lawang Sewu. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Gedung Lawang Sewu tetap menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Tiap akhir pekan, sedikitnya 800 turis berdatangan ke Lawang Sewu untuk melihat spot-spot unik dalam bangunan tersebut.

Saat ini, pengunjung tak hanya disuguhi landscape unik di dalam gedung Lawang Sewu. Pengunjung kini bisa leluasa melihat pameran foto kereta api yang ditampilkan pada sisi bangunan B Lawang Sewu.

Yuliani, petugas permuseuman PT KAI di Lawang Sewu mengatakan, pameran foto di gedung B kini jadi daya tarik baru bagi turis-turis yang berlibur setiap akhir pekan. Saat Sabtu dan Minggu, menurutnya, jumlah pengunjung pameran foto kereta api ada sebanyak 600-800 orang.

“Memang banyak sekali orang-orang yang datang ke sini untuk sekadar melihat sekaligus mempelajari sejarah industri perkeretaapian yang ditampilkan di Lawang Sewu,” kata Yuliani, saat berbincang dengan metrosemarang.com, Minggu (10/1).

Yuliani mengaku, pengelola Lawang Sewu sengaja menampilkan kurang lebih 100 macam foto kereta api di enam ruang gedung B. Ini menarik, kata Yuliani, lantaran turis bisa mengenal beragam bentuk kereta api yang dibuat dari zaman kolonial Belanda hingga era modern saat ini. Kereta-kereta yang dipamerkan pun ada beragam gaya mulai bertenaga uap, kereta tradisional hingga lokomotif diesel.

Beberapa kereta yang dipamerkan di Lawang Sewu di antaranya lokomotif seri C 2826 yang sedang lansiran di Stasiun Cikampek, lokomotif seri DSM 35 buatan PT Hartmann yang sempat beroperasi di Dipo Tebing Tinggi hingga lokomotif seri C71 dan lori kuno yang menarik tentara KNIL di Pidie Nanggroe Aceh Darussalam.

Pameran foto kereta ini sudah lama dibuka untuk umum. Tiap hari reguler minimal 500 orang mendatangi lokasi ini. Pihak Lawang Sewu berharap, adanya pameran foto kereta di gedung B bisa memikat turis untuk terus datang ke gedung perkeretaapian tertua di Jawa Tengah itu. (far)