Home > METRO BERITA > Mengintip Kesibukan Jefri Setiawan Jelang Pemecahan Rekor di Inggris

Mengintip Kesibukan Jefri Setiawan Jelang Pemecahan Rekor di Inggris

METROSEMARANG.COM – Cuaca cerah muncul di atas langit Semarang, pada Minggu pagi (19/2). Di Jalan MH Thamrin, tepatnya di sebuah ruko Thamrin Square beberapa orangtua mengantarkan anaknya masuk ke ruangan sekolah musik Purwacaraka.

Jefri Setiawan bersiap pecahkan rekor dunia di Inggris. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Di antara banyak orang yang belajar seni musik di sekolahan tersebut, tampak sesosok anak bertubuh gempal tengah sibuk bermain piano. Jefri Setiawan, nama bocah tersebut terlihat tekun berlatih piano yang dipandu seorang instruktur.

Jefri rela datang jauh-jauh dari rumahnya di kampung dekat Pasar Bugangin Kendal demi meningkatkan kemampuannya bermain piano agar dapat mengukir prestasi cemerlang saat berada di Inggris nanti.

“Anak saya tanggal 19 April nanti mau memecahkan rekor dunia ke Inggris, makanya sekarang lagi sibuk berlatih piano di Purwakarta,” kata Joko Manis, ayahanda Jefri, kepada metrosemarang.com.

Bakat bermain piano yang dimiliki dua bersaudara anak pasangan Joko Manis dan Indah Setyaningsih tersebut memang terbilang istimewa. Dengan mata tertutup jemari tangannya bahkan mampu menari-nari diatas tuts balok layaknya seorang pedansa.

Saat tampil di hadapan warga Bandung, misalnya ia mendapat aplaus meriah dari ribuan pasang mata yang melihatnya. Penghargaan-penghargaan pun diberikannya mulai siswa berbakat dalam bermain piano, pencetak rekor Muri sebagai pianis yang bermain dengan mata tertutup hingga puluhan penghargaan lainnya.

Joko pun mengaku bangga atas bakat yang dimiliki putra kesayangannya tersebut. Ia tak menyangka putranya yang masih duduk di kelas V SD Universal Ananda Patebon, Kendal punya kemampuan luar biasa saat bermain piano.

“Padahal dulunya dia sering berkelahi di sekolah. Tapi semenjak delapan bulan terakhir gemar main piano, lambat-laun bakatnya terasah hingga mengukir berbagai penghargaan,” kata Joko sembari tersenyum simpul.

Rekor dunia yang nantinya akan dipecahkan oleh Jefri di Inggris tersebut diselenggarakan oleh lembaga Record Holders Republic UK. Lembaga tersebut sejak lama memberikan penghargaan bagi manusia-manusia berbakat yang tersebar di seluruh dunia.

“Saya ingin mencetak rekor bermain piano dunia agar dapat mengharumkan nama Jawa Tengah,” sahut Jefri di sela kesibukannya.

Jefri jadi satu-satunya bocah asal Indonesia yang akan mengukir rekor tersebut.

Agar dapat memecahkan rekor di Negeri Ratu Elizabeth nanti, ia mengatakan dirinya akan memainkan 60 lagu selama sejam nonstop. Dari puluhan lagu itu, 10 di antaranya ia ciptakan sendiri. Sedangkan 50 lagu lainnya merupakan kumpulan lagu perjuangan Indonesia.

“Saya sudah punya 10 lagu dan saat ini makin sibuk berlatih biar tidak mengecewakan saat tampil di Inggris,” terangnya. (far)