Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Mengonsumsi Aneka Olahan Beras Warna-warni yang Kaya Manfaat

Mengonsumsi Aneka Olahan Beras Warna-warni yang Kaya Manfaat

image

TAHUKAH Anda bahwa beras tidak melulu hanya berwarna putih? Ya, ada bermacam-macam beras dengan warna-warna alami, yakni beras merah, pink, coklat, hitam, dan putih. Beras aneka warna ini disebut juga beras warna-warni.

Warna beras warna-warni merupakan warna alami yang dimiliki beras selama proses pertumbuhan. Tidak ada campuran pewarna tambahan yang berperan untuk memberikan warna pada beras warna-warni tersebut. Khusus untuk beras pink, beras ini sebenarnya adalah beras merah, namun telah melalui dua kali proses penyelepan sehingga warna merahnya sedikit memudar.

Beras warna-warni ini bukan beras biasa. Selain mengandung karbohidrat yang dapat menyuplai energi untuk tubuh kita, beras warna-warni juga menyediakan banyak manfaat yang berbeda satu sama lain.

Beras merah, misalnya, memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menetralkan unsur berbahaya dalam usus. Beras merah juga mengandung Zinc yang berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

Sedangkan beras hitam mengandung kadar gula yang lebih sedikit daripada beras putih. Sehingga beras hitam cocok dikonsumsi oleh para pasien diabetes untuk menstabilkan kadar darah dalam darah. Beras hitam juga terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, hepatitis, maag, asma, ginjal, dan memperbaiki kerusakan sel hati. Beras hitam juga memiliki sifat mengenyangkan, sehingga cocok bagi Anda yang ingin diet.

Jika Anda ingin mengkonsumsi beras warna-warni namun bosan untuk mengolahnya menjadi nasi, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur beras warna-warni. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi beras hitam yang sudah dikemas dalam bentuk sereal.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup menyeduhnya dengan air panas atau susu hangat. Lebih praktis ketimbang menanak nasi hitam, bukan? Selain itu, Anda juga bisa menikmati beras merah yang telah diolah menjadi biskuit spon. Juga sari bekatul (kulit ari beras) yang diolah menjadi cake, emping dan kerupuk bekatul.

Aneka olahan beras ini dibuat secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi beras dalam bentuk yang berbeda namun tanpa kehilangan manfaat dan vitamin yang terkandung dalam beras tersebut.

Jika berminat mengkonsumsi aneka olahan beras kaya manfaat tersebut, Anda dapat mengunjungi toko Naturemart yang berlokasi di Jalan Dr Cipto nomor 74 Semarang. Selain menyediakan aneka olahan beras warna-warni yang sehat bagi tubuh, toko ini juga menjual aneka produk kesehatan lainnya dengan harga yang terjangkau. Karena hidup sehat tidak harus mahal. (ren)