Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Mengulik Bisnis Sampah dalam Kelas Kreatif USM

Mengulik Bisnis Sampah dalam Kelas Kreatif USM

METROSEMARANG.COM – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar sosialisasi pemberdayaan sampah di Jalan Anjasmoro Tengah VI Karangayu Semarang Barat, Minggu (11/6). Kegiatan ini juga melibatkan Bank Sampah Resik Becik dan kerajinan tangan Lilo, sekaligus untuk mendorong kreativitas anak-anak muda.

Peserta antusias mengikuti pelatihan membuat robot dari Batang korek kayu. Foto: istimewa 

Pada kesempatan tersebut juga diadakan pelatihan membuat kerajinan tangan dari korek bekas hingga menjadi bentuk robot. “Para remaja sekarang diharapkan lebih kreatif dengan menciptakan suatu kreasi dari barang yang semula dianggap tidak. Khususnya untuk mengembangkan produk dari sampah,” papar Indaryanto, owner kerajinan tangan Lilo.

Sementara, Ika Yudha Kurniasari selaku owner dari Bank Sampah Resik Becik berharap agar produk lokal dan UMKM jangan takut pada pasar global. Namun permasalahannya, kata dia, mindset masyarakat sendiri apakah kita bisa menghargai lebih atau tidak terhadap produk lokal kita.

“Jika kita cinta lokal pasti diberi kesempatan utuk produk itu bisa berkembang,” urainya.

Kelas Kreatif ini juga melibatkan Dinas Koperasi dan Ikatan Remaja Anjasmoro. Warga pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (*)