Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Menhub Kecam Penganiayaan Taruna STIP

Menhub Kecam Penganiayaan Taruna STIP

METROSEMARANG.COM – Menteri Pehubungan, Budi Karya Sumadi mengutuk aksi barbar yang menewaskan taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Amirullah Adityas Putra, Selasa (10/1) lalu. Menurutnya, tindakan itu telah mencoreng institusi pendidikan.

Budi Karya Sumadi
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Hal ini dia sampaikan usai membuka Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Kompetensi Dasar Kelautan, di Balai Mas Pardi Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) semarang, Kamis (12/1). Budi menyebut peristiwa itu sebagai pukulan besar. Pasalnya, STIP merupakan salah satu sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Kementerian Perhubungan.

“Saya mengutuk perbuatan itu, itu bukan perbuatan terpuji,” ungkapnya.

Meski demikian ia meminta semua pihak agar tidak lupa, jika instansi tersebut sangat kompeten dalam melaksanakan tugasnya sebagai lembaga pendidikan. Namun di sisi lain ia juga menegaskan jika pihaknya membutuhkan instropeksi.

“Saya menyesal, ini seperti nila setitik rusak susu sebelanga. Rusak semua, kan kita tahu instansi ini potensial sekali,” tegasnya.

Ia juga berjanji akan melakukan investigasi terhadap kasus tersebut, serta akan memberikan sanksi bagi pelaku. Lebih jauh, kata dia, nantinya SOP juga akan diperbaiki, juga lifestyle akan diubah dan diperbaiki.

“Kita akan perbaiki lifestylenya bukan kekerasan tapi lifestyle yang kekeluargaan dan cinta kasih,” pungkasnya.

Korban Amirullah dipukul di bagian dada, perut, dan ulu hati‎, hingga tewas oleh senior tingkat II. Pelaku diduga berjumlah empat orang. (vit)