Home > METRO BERITA > KULINER > Coffee Shop > Menikmati Lezatnya Souvlaki, Sate ala Yunani di Basilia Cafe

Menikmati Lezatnya Souvlaki, Sate ala Yunani di Basilia Cafe

Souvlaki, sate ala Yunani di Basilia Cafe. Foto Metrosemarang/Laurentia Lucky
Souvlaki, sate ala Yunani di Basilia Cafe. Foto Metrosemarang/Laurentia Lucky

MENU masakan Eropa sudah cukup akrab bagi warga Kota Semarang. Selain karena kota ini dulunya pernah jadi salah satu pemukiman warga kolonial Belanda, juga karena keterbukaan masyarakat Semarang untuk menerima budaya baru dari luar negeri.

Menu masakan Eropa yang mudah dijumpai di Semarang kebanyakan berasal dari Italia, Belanda, Perancis. Sedangkan menu dari negara Eropa lainnya, misalnya Yunani, masih jarang. Salah satu, atau mungkin satu-satunya cafe, yang menawarkan menu masakan Yunani adalah Basilia Cafe. Cafe yang memiliki cabang di Ruko Mal Ciputra ini memang tidak menjadikan menu khas Yunani sebagai menu utamanya, melainkan menyertakan berbagai menu Eropa lainnya.
Menu khas Yunani yang dimaksud adalah Souvlaki. Souvlaki, atau di Yunani disebut Souvlakia, adalah daging, sosis, paprika dan bawang bombai yang ditusuk dengan batang besi kemudian dipanggang di atas bara api. Sepintas mirip sate atau barbekyu namun isinya lebih besar.
Di Yunani, daging yang digunakan untuk Souvlaki biasanya adalah daging babi atau domba. Namun Souvlaki yang disajikan di Basilia Cafe menggunakan daging ayam dan sapi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehalalannya.
Souvlaki yang sudah matang lalu disajikan di atas piring dan diberi sedikit saus bercitarasa gurih yang menambah kelezatannya.  Agar lebih kenyang, pesanlah tambahan kentang yang digoreng maupun yang sudah di-mashed, sebagai pelengkap saat menyantap Souvlaki. Seporsi Souvlaki ditawarkan dengan harga Rp 40 ribu. (ren)