Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Menikmati Sensasi Malam Pergantian Tahun di Puncak Ungaran

Menikmati Sensasi Malam Pergantian Tahun di Puncak Ungaran

METROSEMARANG.COM – Menyaksikan pesta kembang api di tengah kota adalah hal biasa, namun menikmati malam pergantian tahun dari puncak Ungaran tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri. Pengalaman inilah yang tengah dicari oleh ratusan pendaki. Mereka memadati Bumi Perkemahan Mawar yang juga salah satu titik basecamp pendakian Gunung Ungaran, Sabtu (31/12).

Deretan tenda warna-warni di Basecamp Mawar. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Tenda beraneka warna berderet memenuhi area perkemahan. Memang bukan hanya mereka yang ingin mendaki puncak Ungaran yang turut mendirikan tenda di Mawar. Banyak pula keluarga yang sengaja berkemah atau sekadar nge-camp saja tanpa niat mendaki.

Meski jauh dari keramaian kota, nyatanya Basecamp Mawar sudah menjadi langganan tempat kemah bagi pendaki atau masyarakat umum.

Dewi Kurnia, siswa kelas XI SMA 15 Semarang ini salah satunya. Ia dan kawan-kawannya awalnya hanya berencana untuk mendirikan tenda dan menghabiskan malam di camp Mawar.

Namun lokasi yang sudah telanjur penuh memaksanya untuk mendaki. “Awalnya cuma mau nge-camp, tapi karena penuh mungkin nanti naik akhirnya,” beber gadis berjilbab ini.

Ia mengaku sudah datang cukup awal namun masih tidak kebagian tempat. Meski begitu, Dewi tidak kecewa karena malam nanti ia bisa melihat pesta kembang api. Memang tiap kali malam tahun baru, Basecamp Mawar selalu menyajikan pesta kembang api tepat pukul 00.00. Pesta kembang api ini bukan dibuat oleh pengelola, melainkan atas inisiasi pendaki sendiri.

“Iya ada kembang api juga, bahkan sebelum jam 12 biasanya udah ada satu dua yang nyalain kembang api,” ungkap Satya yang mengaku sudah dua kali ini menghabiskan malam pergantian tahun di Basecamp Mawar.

Menurutnya suasananya berbeda sekali jika bandingkan dengan di kota. Meski tahun ini lebih ramai dari tahun lalu, namun penataan lokasi untuk pendirian tenda sudah lebih baik. “Tahun lalu belum ada batas-batas lokasi yang bisa dibangun tenda, semoga malam ini lebih seru,” ujarnya.

Untuk sampai ke Basecamp Mawar, pengunjung hanya perlu menuju ke arah Umbul Sidomukti karena basecamp ada di obyek wisata tersebut. Masuk kawasan Umbul Sidomukti Anda harus membayar retribusi kendaraan Rp 2.000 (motor) dan Rp 3.000 (mobil). Sedangkan untuk masuk kawasan basecamp Rp 4.000 dan Rp 7.500 untuk masuk ke Basecamp Mawar. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link