Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Menteri Nasir Minta Penganiaya Anggota Mapala UII Dipecat

Menteri Nasir Minta Penganiaya Anggota Mapala UII Dipecat

METROSEMARANG.COM – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir meminta kepada pihak kampus agar memberhentikan para senior yang menganiaya tiga anggota Diksar Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) hingga tewas. Pasalnya, pihak kampus UII punya aturan tegas soal hukuman pelanggaran yang dilakukan tiap mahasiswa.

Menristekdikti M Nasir
Foto: metrosemarang.com/dok

Apabila muncul pelanggaran pidana, ia menegaskan kampus bisa menjatuhkan hukuman tegas bahkan kalau perlu dikeluarkan.

“Harus diproses hukum. Harus (dipecat). Kalau urusan pidana nanti dengan polisi,” kata Nasir usai menghadiri Dies Natalis Unnes di Gunungpati Semarang, Jumat (27/1).

Ia menganggap tindakan tegas perlu dilakukan UII agar kejadian tersebut tak terulang kembali di masa mendatang. Apalagi, kata Nasir berbagai tindakan kekerasan di tiap kampus tidak boleh dilakukan sama sekali. Hal ini termasuk kekerasan fisik, verbal, psikis. Tidak boleh lagi ada kekerasan di dalam kampus,” tukasnya.

Perlu diketahui, tiga anggota Diksar Mapala UII meninggal dunia saat mengikuti acara di Gunung Lawu. Polisi telah menyelidiki kasus ini dan masih menunggu proses hukum lebih lanjut. (far)