Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Meracik Kopi Nikmat ala Semarang Barista Society

Meracik Kopi Nikmat ala Semarang Barista Society

METROSEMARANG.COM – Aksi para barista yang tergabung dalam Semarang Barista Society (SBS) meracik kopi menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Pasar Semawis, Sabtu (19/11) malam. Mereka juga berbagi ilmu cara meracik kopi.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Ketua SBS, Dewa Pete menuturkan, aksi bagi-bagi kopi gratis merupakan even yang dinisiasi oleh ALSA (Asean Law Student Association) chapter Undip. Komunitas yang diresmikan sejak tiga tahun silam ini sudah memiliki ratusan anggota dengan anggota aktif sekitar 50 orang.

“Awalnya karena ingin belejar tentang kopi, tetapi sekarang lebih dari itu, di SBS kami mengajarkan anggota untuk bisa meracik dan meramu kopi,” papar Pete.
Ia menuturkan, menjadi seorang barista tidaklah mudah tetapi tidak terlalu sulit juga. Ada teknik khusus yang harus dikuasai oleh barista dalam meracik kopi. Selain itu, alat-alat yang digunakan juga khusus.
Untuk meracik kopi harus melalui beberapa tahap. Pertama, biji kopi yang segar dan telah disangrai dihaluskan terlebih dahulu menggunakan coffe grinder. Kemudian ditimbang dan dituangkan ke alat v60 setelah sebelumnya dilapisi coffe paper filter, yakni kertas khusus untuk menyaring kopi. Langkah terakhir adalah menyeduh kopi dengan takaran dan suhu air yang sudah disesuaikan.
“Metode ini namanya metode pour over. Cara menyeduhnya pun ada tekniknya, harus searah jarum jam atau bisa juga seperti bentuk obat nyamuk,” terang Pete.
Cara menyeduh kopi sangat berpengaruh pda rasa kopi yang dihasilkan, sehingga para barista harus benar-benar memperhatikan proses ini. Ketajaman insting juga berperan penting bagi barista dalam meracik kopi.
“Selain keterampilan menggunakan alat, barista juga harus percaya pada kemampuannya sendiri untuk meracik kopi yang nikmat,” pungkasnya. (vit)