Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Minus Tiga Pilar, Jateng Tetap Pede Kandaskan Sumsel

Minus Tiga Pilar, Jateng Tetap Pede Kandaskan Sumsel

METROSEMARANG.COM – Tim sepakbola Jawa Tengah dipastikan tak akan diperkuat kapten Soni Setiawan saat melakoni laga hidup mati kontra Sumatera Selatan di babak 8 besar PON XIX Jabar, Sabtu (24/9) malam. Pelatih Anjar Jambore juga akan menyiapkan komposisi baru di lini serang untuk menutup absennya striker Andika Dian Asruri.

Soni Kurniawan harus absen saat Jateng melakoni laga krusial kontra Sumsel. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Soni Setiawan harus absen saat Jateng melakoni laga krusial kontra Sumsel. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Laga pamungkas Grup E bakal digelar bersamaan di dua lokasi berbeda. Duel Jateng versus Sumsel akan dimainkan di Stadion Patriot, sedangkan Papua kontra Kalimantan Selatan digelar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Dari grup ini, belum ada tim yang sudah memastikan tiket ke babak semifinal. Pemuncak klasemen Sumsel yang sudah mengoleksi empat poin masih berpeluang digeser Jateng dan Kalsel yang sama-sama mengoleksi tiga angka. Tim juru kunci Papua yang baru mengantongi satu poin juga masih bisa menyodok jika bisa mengalahkan Kalsel.

“Persaingan masih sangat ketat. Kami akan habis-habisan untuk mengamankan satu tiket di babak semifinal. Tak ada pilihan lain kecuali menang,” tegas Anjar Jambore, saat dihubungi metrosemarang.com, Jumat (23/9).

Pelatih 42 tahun ini optimistis timnya bisa memberikan perlawanan kepada Sumsel meski harus kehilangan tiga pemain pilar. Kapten Soni Setiawan harus absen karena kartu merah di laga kontra Papua, sedangkan striker Andika Dian masih bermasalah dengan engkelnya. Sebelumnya, Jateng juga kehilangan winger Septian David Maulana yang harus mengikuti TC bersama Timnas.

Anjar pun sudah menyiapkan sejumlah alternatif untuk menutup absennya pemain-pemain tersebut, termasuk kemungkinan menampilkan formasi ‘darurat’. Reswandani akan disiapkan memainkan peran sebagai bek kanan, sedangkan Zaenal ‘Cheng’ Arivin bakal mengisi kekosongan yang ditinggalkan Septian David.

“Di lini depan kemungkinan saya akan dorong Aldo (Ade Kurniawan) untuk mendampingi Sholikul Islam. Apapun kondisinya, kami siap bertarung memerjuangkan tempat di babak selanjutnya. Semoga anak-anak bisa mengulang penampilan seperti saat mengalahkan Papua kemarin,” tandasnya.

Saat mengalahkan Papua, Kamis (22/9) Jateng harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua setelah Soni diganjar kartu merah. Di laga sebelumnya, skuat racikan Anjar Jambore dipaksa takluk 0-1 oleh Kalsel. (twy)

Prakiraan Formasi Jateng
4-4-2: Feri Bagus–Reswandani, Rio Saputra, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin; Zaenal Arivin, Heru Setiawan, Adit Wafa, Ragil Putut; Solikhul Islam, Ade ‘Aldo’ Kurniawan