Home > METRO BERITA > Mirip Kali Asat, Warga Desak Perbaikan Jalan Untung Suropati

Mirip Kali Asat, Warga Desak Perbaikan Jalan Untung Suropati

image
Jalan Untung Suropati kondisinya rusak parah. Warga mendesak Pemkot Semarang segera memperbaiki jalur alternatif ke arah kota ini. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Warga menuntut perbaikan Jalan Untung Suropati dari mulai sisi barat TPA Jatibarang atau tanjakan Gunung Kelir sampai dengan Dusun Dawung, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Ngaliyan. Kondisi jalan tersebut rusak parah. Padahal merupakan jalur alternatif yang setiap hari digunakan warga ke kota.

Kondisi jalan tersebut rusak parah karena hampir seluruh aspalnya sudah lepas. Selain berlubang, jalan bergelombang dan banyak sekali kerikil. Jika kendaraan lewat maka banyak sekali debu berterbangan mengganggu pengemudi kendaraan lain di sekitarnya.

Tak hanya kendaraan roda empat maupun roda dua, tapi truk juga banyak sekali yang melewati jalan ini. Pada jam tertentu seperti saat warga berangkat kerja ke kota bahkan kendaraan menjadi cukup padat. Sedangkan bau busuk sampah dari TPA Jatibarang semakin menambah beban para pengguna jalan.

Kebanyakan warga dari Kecamatan Mijen, Ngaliyan, dan juga Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal lewat Jalan Untung Suropati ini karena untuk menghindari terjebak kemacetan di Jerakah sampai Krapyak. Di lokasi ini selalu terjadi kemacetan karena banyaknya volume kendaraan. Terlebih saat ini sedang dilakukan pekerjaan peningkatan jalan, yang semakin menambah panjang kemacetan.

‘’Kami berharap pemerintah kota segera memperbaiki Jalan Untung Suropati. Ini adalah jalan alternatif yang paling cepat menuju ke kota, daripada harus lewat daerah Gunungpati,’’ kata Ismakun,32, warga Perum Delta Asri, Mijen, yang bekerja di kawasan Simpanglima Jumat (29/8/2014).

Pemerintah Kota Semarang baru memperbaiki Jalan Untung Suropati dari mulai SMA N 7 Semarang sampai tanjakan Gunung Kelir yang sudah dikepras. Perbaikan dua tahap di tahun 2013 dan anggaran murni 2014 itu, dilakukan dengan betonisasi jalan. Karena itu warga berharap, peningkatan jalan yang dilakukan pemerintah kota dari Gunung Kelir sampai Dawung juga akan dilakukan dengan dibeton.

‘’Jalan ini sudah lama tidak diperbaiki. Batasnya (yang sudah diperbaiki) ya hanya di tanjakan Gunung Kelir itu saja. Sampai di Dusun Dawung, Kelurahan Kedungpane rusaknya luar biasa. Selain diguyur hujan, banyak truk proyek yang melintas,’’ ujar Haryanto, warga Dawung, Kedungpane.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan perbaikan Jalan Untung Suropati tahap III dari sisibarat TPA Jatibarang sampai Dusun Dawung, Kelurahan Kedungpane, segera dilakukan. Diperkirakan minggu sudah mulai dikerjakan karena sudah ada pemenang lelangnya.

‘’Untuk Jalan Untung Suropati sudah ada pemenang lelangnya. Kita harapkan minggu ini sudah mulai bekerja karena sudah ditandatangani kontrak, sehingga otomatis harus segera berjalan,’’ katanya.(MS-13)