Home > MUDIK 2014 > Mudik Aman Pakai Motor, Cermati Tips Ini

Mudik Aman Pakai Motor, Cermati Tips Ini

image

MUDIK menggunakan sepeda motor sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Selain lebih irit, pemudik bisa leluasa bersilaturahmi di kampung halaman tanpa harus pusing lagi memikirkan transportasi.

Namun, perlu juga diperhatikan beberapa faktor untuk mendukung aktivitas mudik Anda.  Berikut ini tips mudik aman bersepeda motor seperti dikutip dari NTMC Korlantas Polri:

1. Pahami teknik-teknik dalam berkendara sepeda motor

Hal tersebut perlu dilakukan karena ketika mengemudi, Anda harus memahami dan mengetahui dalam teknik berkendara, khususnya teknik mengerem. Awal mulanya kita perlu menginjak rem dan setelah itu kita pun perlu menguranginya secara perlahan-lahan, agar laju kendaraan sepeda motor stabil.

2. Janganlah sekali-kali meletakkan barang-barang bawaan di atas motor

Mengapa? Karena tentunya hal itu akan mengurangi gerak aerodinamis akan motor Anda. Dan juga akan membuat laju motor yang Anda kendarai menjadi lebih lambat. Alangkah baiknya, jika Anda membawa barang secukupnya sesuai dengan kapasitas motor.

3. Jika kondisi fisik sudah lelah, maka beristirahatlah!

Ketika Anda merasakan kondisi fisik yang lelah, maka janglah memaksakan diri untuk mengemudi. Karena tentunya hal tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk. Berisitirahat dua hingga tiga jam, merupakan jalan yang terbaik.

4. Lakukan perawatan menyeluruh pada motor

Langkah ini mengharuskan Anda untuk melakukan perawatan secara menyeluruh di sepeda motor Anda. Termasuk mengganti oli dan memeriksa suhu tekanan angin pada ban. Juga pastikanlah kondisi ban selalu baik dan tidak gundul, karena ban merupakan faktor utama yang paling penting pada motor.

5. Gunakan helm dengan standar yang ditentukan

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam melakukan mudik tahunan, adalah menggunakan helm dengan telah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena belakang ini banyak sekali pengendara sepeda motor yang masih menggunakan helm cetok, yang mana tingkat keamanan akan helm cetok tersebut masih dibawah Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selamat mudik, jaga kondisi, semoga selamat sampai tujuan. Ingat, keluarga menanti kehadiran Anda. (*)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link