Home > METRO BERITA > Mudik Perdana, Hanya Ada 113 Sepeda Motor Diangkut KM Dobonsolo

Mudik Perdana, Hanya Ada 113 Sepeda Motor Diangkut KM Dobonsolo

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim arus mudik perdana, Kantor Syahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang, menyatakan peminat program mudik sepeda motor lewat jalur laut masih terbilang minim.

Ilustrasi. Pemudik bermotor yang melalui jalur laut mulai merapat di Pelabuhan Tanjung Emas. Foto: metrosemarang.com/dok

Dalam arus kedatangan KM Dobonsolo jurusan Pelabuhan Tanjung Priok-Tanjung Emas Semarang, jumlah motor yang diangkut baru 113 unit.

Menurut Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang, Gajah Roseno minimnya peminat mudik sepeda motor gratis karena hingga saat ini mereka terbentur belum adanya libur kerja bahkan tak sedikit yang belum mendapat uang THR.

“Tadi hanya ada 113 motor. Tetapi saat jadwal kedatangan mudik gratis dengan menggunakan KM Dobonsolo tanggal 20 Juni, 22 Juni dan 24 Juni, pasti tambah ramai. Sebab, sudah ada 2.000 pemudik ditambah 1.000 motor yang akan diangkut ke Semarang,” jelas Gajah, usai menyambut kedatangan perdana KM Dobonsolo di dermaga samudera I Tanjung Emas, Minggu (18/6).

Di hari ini, ia menyatakan jumlah pemudik yang turun dari KM Dobonsolo hanya 227 orang. Mereka berangkat dari dermaga Tanjung Priok pada Sabtu (17/6) sore pukul 16.00 kemudian merapat ke Tanjung Emas pukul 07.50 WIB.

Ia menyebut mudik gratis via jalur laut kini terbilang nyaman dan aman. Pasalnya, ia telah mengerahkan tiga grup pasukan gabungan dari unsur TNI/Polri serta Lanal untuk memperketat penjagaan di kawasan pelabuhan.

Ia menerangkan tiap pos mudik di pelabuhan terdapat 10 pasukan pengamanan. Lebih jauh, ia mengatakan ada sejumlah syarat untuk menjadi pemudik kapal dalam program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo.

“Yang bersangkutan cukup ke pelabuhan, tunjukan SIM dan surat kendaraan saja. Setelah itu, silakan menempuh perjalanan dengan kapal laut,” ujar Gajah. (far)

Tinggalkan Balasan