Home > METRO BERITA > Musim CPNS, Permintaan SKCK Melonjak 100 Persen

Musim CPNS, Permintaan SKCK Melonjak 100 Persen

image
Ilustrasi CPNS

SEMARANG – Memasuki musim perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) permintaan masyarakat untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polrestabes Semarang membludak. Dibanding hari biasa, permintaan masyarakat tersebut naik 100 persen.

Kasat Intelkam Polrestabes Semarang AKBP Amad Sukandar mengatakan, tren pembuatan SKCK memang terjadi saat pendaftaran CPNS. Dari hari biasa yang hanya berkisar 150 hingga 200 lembar, bisa meningkat 100 persen.

“Peningkatannya bisa sampai 100 persen. Biasanya cuma 150 sampai 200, saat ini bisa sampai 250 sampai 300 lembar per hari,” terangnya kepada metrosemarang.com, Senin (1/9) siang. 

Sukandar menambahkan, sejauh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, pihaknya belum menemui kendala. “Tahun ini masih aman, kalau tahun kemarin bisa sampai lembur. Bahkan kami dirikan tenda,” imbuhnya. 

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan masyarakat, Sukandar mengatakan,  meski pihaknya masih menggunakan sistem manual dalam pencocokan data hal itu tidak akan terjadi.

“Kami punya semua data semua warga yang pernah mempunyai catatan kepolisian. Kami juga punya data dari pengadilan tentang orang yang divonis bebas,” ujarnya.

Sebab, pembuatan SKCK hanya tidak boleh dilakukan terhadap warga yang pernah terlibat kasus kejahatan dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Terkaiti sistem pelayanan, lanjutnya, Polrestabes Semarang memang mengarah ke sistem online. Namun hal itu masih terkendala dana dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sebenarnya sudah ada perintah dari Mabes Polri, cuma kami yang di daerah ini masih kekurangan dana. Perlu diback-up dari Mabes,” pungkasnya. (les)