Home > METRO BERITA > Musim Hujan, PSDA-ESDM Optimalkan Kinerja Mesin Pompa

Musim Hujan, PSDA-ESDM Optimalkan Kinerja Mesin Pompa

Selain pengecekan pompa air, pengerukan aliran sungai juga menjadi salah satu cara mengurangi bahaya banjir. Foto Metrosemarang
Selain pengecekan pompa air, pengerukan aliran sungai juga menjadi salah satu cara mengurangi bahaya banjir. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Mengadapi musim penghujan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) Kota Semarang, akan mengoptimalkan kinerja mesin pompa untuk mengantisipasi banjir di wilayah perkotaan. Pengecekan kinerja mesin pompa pun mulai diintensifkan.

Hasil pemantauan yang dilakukan dinas terkait, dari 96 mesin pompa, tiga di antaranya mengalami kerusakan. Yakni pompa di kawasan Barutikung, Tawang, dan Plamongan. Meski demikian, Dinas mengklaim secara keseluruhan semua mesin pompa siap dioperasionalkan.

‘’Tiga mesin pompa yang rusak sedang masa perbaikan. Tapi secara umum semua mesin sudah siap,’’ terang Kepala Dinas PSDA-ESDM Kota Semarang, Nugroho Joko Purwanto.

Untuk mengoptimalkan penanganan banjir di sejumlah titik Kota Semarang, pihaknya juga bekerjasama dengan SKPD lain, seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan terkait pembersihan sampah-sampah di saluran. Kemudian PT Pertamina terkait penyediaan bahan bakar untuk mesin pompa. (MS-13)