Home > Berita Pilihan > Natal 2016, 9.044 Polisi Jaga Ketat Ratusan Gereja di Jawa Tengah

Natal 2016, 9.044 Polisi Jaga Ketat Ratusan Gereja di Jawa Tengah

METROSEMARANG.COM – Menjelang perayaan Hari Raya Natal 2016, sebanyak 9.044 polisi akan mempertebal penjagaan di ratusan gereja yang ada di Jawa Tengah. Mereka dibantu 8.829 personel dari lintas instansi lainnya.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono
Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Selain itu, terdapat pula peningkatan penjagaan di 168 pos pengamanan, 35 pos pelayanan 35 kabupaten/kota. Menurut Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono, ribuan personelnya akan dikerahkan untuk mengamankan 2.880 gereja.

Sementara, ia menyebut ada sekitar 177 gereja yang punya tingkat kerawanan tertinggi selama perayaan Natal.

“Lalu ada pula 210 pusat perbelanjaan termasuk pasar tumpah, 210 objek wisata, 21 terminal dan 90 sub terminal serta 69 stasiun KA yang kita jaga ketat,” tegas Condro usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Mapolda Jateng, Selasa (20/12).
Ia nantinya akan menghitung ulang jumlah pasukannya yang diterjunkan saat Natal dalam apel siaga Nataru yang dipusatkan di Solo, Kamis (22/12) pekan ini.

Ia memastikan, tetap ada peranan dari unsur TNI untuk mempertebal penjagaan saat Natal berlangsung. “Dan itu berlaku sampai pergantian tahun 2016,” katanya.

Tokoh masyarakat juga diminta menjaga keberagaman dan kebhinekaan sehingga mampu bersatu membantu pengamanan.

“Kita harapkan gotong royong dari lintas agama. Kemarin kita disibukkan pada masalah beragaman Kebhinnekaan. Untuk itu, kita berharap umat Islam juga melakukan pengamanan. Syukur-syukur ikut menjaga gereja,” kata Condro. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link