Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Nikmati Kemenangan atas Persibat, Mahesa Jenar Belum Pikirkan Babak 16 Besar

Nikmati Kemenangan atas Persibat, Mahesa Jenar Belum Pikirkan Babak 16 Besar

METROSEMARANG.COM – PSIS akhirnya kembali ke trek kemenangan usai melumat tuan rumah Persibat Batang, Minggu (7/8). Penggawa Mahesa Jenar kini bisa sejenak melepaskan beban pasca kekalahan dari PSIM Yogyakarta, sepekan sebelumnya.

Johan Yoga dkk memperbesar kans lolos ke babak 16 besar setelah mempermalukan Persibat 4-1, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Johan Yoga dkk memperbesar kans lolos ke babak 16 besar setelah mempermalukan Persibat 4-1, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

PSIS menyambangi Stadion Moh Sarengat dengan bekal kekalahan 0-1 di kandang PSIM, Sabtu (30/7) silam. Pelatih Eko Riyadi juga sempat dipusingkan dengan minimnya stok bek sayap dan cedera beberapa pilarnya sebelum melakoni laga kedelapan Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Meladeni Persibat yang menghuni peringkat lima, Johan Yoga dkk juga menjalani start kurang mulus. Gawang PSIS yang dikawal Barep Wahyudi sudah bergetar saat laga berumur 8 menit. Tendangan spekulasi yang dilepaskan Sutrisno gagal diantisipasi mantan penjaga gawang Persiba Bantul.

Tapi, PSIS mampu bangkit dan menyamakan skor di penghujung babak pertama lewat eksekusi Feri Ariawan. Pemuncak klasemen Grup 4 itu makin tak terbendung di paruh kedua dan sukses menambah tiga gol lagi melalui Feri Ariawan dan dua gol penalti Johan Yoga.

Skor 4-1 tersebut menjadi kemenangan tandang terbesar sejak 2014 saat PSIS menggebuk tuan rumah PSGC Ciamis 4-2 di fase 8 besar Divisi Utama. Hasil itu sekaligus memutus rekor tak terkalahkan Persibat di Stadion Moh Sarengat musim ini.

Asisten pelatih PSIS Sumardi Widodo menilai kemenangan atas tim berjuluk Banteng Alas Roban tersebut merupakan hasil persiapan matang yang dilakukan timnya selama sepekan terakhir. “Kami selalu tekankan bahwa setiap pertandingan adalah laga final. Inilah buah kerja keras tim dan pemain layak menikmatinya,” kata dia, seusai pertandingan.

Sementara, Direktur Teknik Setyo Agung Nugroho memuji mentalitas yang sudah diperlihatkan anak asuh Eko Riyadi. Meski sempat tertinggal, penggawa Mahesa Jenar sukses melakukan comeback fantastis hingga mengukir kemenangan telak.

“Hari ini tim bermain luar biasa. Setelah kehilangan poin di Jogja, mental pemain tidak goyah. Saat ini kami belum berpikir babak 16 besar karena hitung-hitungannya juga masih tergantung hasil tim lain,” lugasnya.

Pesta gol di Batang membuat PSIS kembali menjaga jarak dengan PSIM tetap lima poin. Sehari sebelumnya, Laskar Mataram sukses melibas Persijap Jepara dua gol tanpa balas dan mengoleksi 14 poin.

Sementara, tambahan tiga angka, menjadikan poin Mahesa Jenar menjadi 19. Mereka juga masih menyisakan empat pertandingan di fase grup.

Bagi Persibat, kekalahan tersebut memupus ambisi mereka untuk lolos ke babak 16 besar. Saat ini Tugi Hadi cs masih tertahan di peringkat lima dan baru mengemas 10 poin, dengan tiga laga tersisa.

Selanjutnya, skuat PSIS akan diliburkan selama dua hari, sebelum menggeber latihan pada Rabu (10/8) sore. “Pemain kami liburkan dua hari, setelah menjalani jadwal padat selama sebulan terakhir,” cetus Eko Riyadi.

Paska libur Lebaran, tim berlogo Tugu Muda itu melakoni empat pertandingan, dengan hasil tiga kemenangan dan sekali kalah. Dari empat laga tersebut, PSIS menjebol gawang lawan sebanyak 11 kali dan hanya kemasukan dua gol.

Di laga selanjutnya, PSIS akan kembali ke Jatidiri dengan menjamu PSIR Rembang pada 20 Agustus dan PPSM Magelang, sepekan kemudian. (twy)