Home > METRO BERITA > Nyaris Batal, Warga Ringin Telu Khidmat Ikuti Upacara di Tugu Soeharto

Nyaris Batal, Warga Ringin Telu Khidmat Ikuti Upacara di Tugu Soeharto

METROSEMARANG.COM – Semangat kemerdekaan masih tampak jelas di wajah warga RW 1 Ringin Telu Kali Pancur Kecamatan Ngaliyan Semarang, Rabu (17/8) pagi. Peserta upacara yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan bapak-bapak ini tampak begitu khidmat mengikuti upacara bendera.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Usia tidak menyurutkan semangat mereka untuk menyeberangi sungai bahkan memanjat tangga untuk mencapai lokasi upacara di monumen Tugu Soeharto. Lokasi Tugu Soeharto ini memang ada di tengah sungai di bawah jembatan Soeharto daerah Sampangan. Akses jalan menuju lokasi cukup susah dijangkau.

Suharno, Ketua RW 1 menuturkan bahwa upacara 17 Agustus¬† selalu dilaksanakan di Tugu Suharto oleh warganya.¬†“Kebetulan saya yang mengawali dulu tahun 2014,” ungkap Suharno kepada metrosemarang.com.

Awalnya kata dia, ia ingin tetap bisa mengikuti upacara. Namun sebagai seorang pensiunan pegawai ia tidak bisa lagi ikut upacara. Hal inilah yang membuatnya berinisiatif mengadakan upacara bendera di Tugu Soeharto bersama warganya.

“Sebagai orang tua saya ingin warga juga mengenang pejuang dengan tetap mengikuti upacara,” imbuhnya.

Tahun ini sebenarnya upacara di Tugu Soeharto ini nyaris batal, lantaran ada usulan agar upacara digabung di lapangan bersama anak sekolah. Sementara remaja dan warga ingin pelaksanaan upacara tetap di Tugu Soeharto.

“Hampir tidak jadi, tapi alhamdulillah akhirnya tetap terlaksana dengan sukses,” pungkas Suharno. (vit)