Home > METRO BERITA > Offset Harimau Koleksi Menteri Tjahjo akan Dititipkan ke Unnes

Offset Harimau Koleksi Menteri Tjahjo akan Dititipkan ke Unnes

METROSEMARANG.COM – Koleksi awetan (offset) dua ekor harimau milik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam waktu dekat akan dititipkan ke Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman menyebutkan dua harimau itu sebelumnya telah diserahkan kerabat dekat Tjahjo Kumolo kepada pihaknya dua bulan lalu. “Lalu sekarang masih kami simpan untuk selanjutnya dititipkan ke Unnes,” ungkapnya, Rabu (13/4) sore.

Offset harimau loreng milik Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: metrosemarang.com
Offset harimau loreng milik Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ia menjelaskan dua harimau itu bakal dijadikan penelitian oleh mahasiswa Fakultas Biologi dan Mipa di Unnes. “Satwa langka itu selamanya akan ditempatkan di Unnes,” paparnya.

Satwa awetan tersebut sebelumnya dikoleksi di kediaman keluarga Tjahjo di wilayah Citarum Semarang. “Perwakilan keluarga yang menyerahkan ke sini sekitar dua bulan lalu. Bersamaan dengan koleksi lain di Jakarta yang diserahkan ke BKSDA Jakarta, ” sambungnya.

Suharman menjelaskan, dua harimau loreng tersebut selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan penelitian mahasiswa di Fakultas Biologi Universitas Negeri Semarang (Unnes). Hal itu sesuai instruksi Dirjen Kehutanan yang ditembuskan kepada BKSDA Jateng.

Menurut dia, sudah ada persetujuan dari Dirjen untuk menghibahkan ke sana (Unnes). “Tujuannya untuk jadi bahan penelitian, kajian dan pendidikan riset. Kita wanti-wanti dirawat sebaik mungkin,” tandas dia.

Kontroversi offset satwa langka milik politisi PDI Perjuangan itu mulai terkuak saat Tjahjo tampil di salah satu televise swasta. Dalam tayangan itu, ditampilkan isi rumah Menteri Tjahjo Kumolo dan terlihat harimau serta macan tutul awetan di salah satu sudutnya. Tak pelak, Tjahjo menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. (far)