Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > OJK Larang Nasabah Transfer Uang Lewat Wifi Umum

OJK Larang Nasabah Transfer Uang Lewat Wifi Umum

METROSEMARANG.COM – Demi keamanan dalam transaksi keuangan nontunai, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharap masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam bertindak. Tindakan yang harus dihindari adalah melakukan transaksi atau transfer melalui mobile dengan memanfaatkan jaringan wifi umum.

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK, Anto Prabowo (kiri). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Sebaiknya dihindari, karena wifi di tempat umum bisa dimungkinkan untuk diretas orang jahat. Lebih aman menggunakan jaringan data personal,” kata Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK, Anto Prabowo, Selasa (16/5).

Selain itu, nasabah dilarang keras memberikan ID dan password mobile banking kepada siapapun. Hal ini banyak terjadi di masyarakat yang kurang paham secara keseluruhan mengenai mobile banking.

Bank diminta tidak hanya mengeluarkan produk saja, melainkan harus melakukan pembinaan atau edukasi kepada masyarakat yang akan menggunakan produk bank tersebut. Dia tidak menginginkan ketidaktahuan masyarakat dimanfaatkan untuk terjadinya penipuan dan kejahatan.

“Sejak April hingga Mei ini, kami telah menerima laporan sebanyak 3.877. Dari jumlah tersebut, memang banyak didominasi oleh sektor perbankan dan asuransi. Dari jumlah tersebut, 77 persen sudah kami atasi,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi penipuan mengatasnamakan bank yang marak melalui SMS, OJK kini telah bekerjasama dengan perbankan untuk memblokir nomor rekening yang berpotensi. OJK juga bekerjasama dengan provider untuk memblokir nomor selular yang digunakan untuk menyebarkan SMS penipuan. (ade)