Home > Berita Pilihan > Ombudsman Selidiki Dugaan ‘Siswa Siluman’ di SMA 1 Semarang

Ombudsman Selidiki Dugaan ‘Siswa Siluman’ di SMA 1 Semarang

METROSEMARANG.COM – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Ahmad Zaid kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak), Senin (25/7). Kali ini ia bersama jajarannya menyambangi SMA Negeri 1 Semarang, terkait dugaan ‘siswa siluman’ di sekolah tersebut.

Ahmad Zaid menunjukkan laporan terkait dugaan 'siswa siluman' di SMA 1 Semarang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Ahmad Zaid menunjukkan laporan terkait dugaan ‘siswa siluman’ di SMA 1 Semarang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Zaid mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan dari warga melalui surat elektronik (email) bahwa ada siswa yang diterima di SMA N 1 tidak melalui jalur resmi atau PPD. “Kami terima laporan kalau ada siswa siluman di SMAN 1 ini, maka dari itu akan kami coba cek kebenarannya,” ungkap Zaid kepada metrosemarang.com.

Siswa siluman yang Zaid maksudkan adalah siswa yang tidak terdaftar namanya sebagai siswa yang diterima dalam data PPD di SMAN 1 Semarang. “Ini kalau benar laporannya kan mencederai keadilan rakyat,’ ungkap Zaid.

Berdasarkan laporan yang diterima siswa bersangkutan sebelumnya telah mendaftar di SMAN 1 sebagai pilihan pertama dan SMAN 5 dipilihan kedua. Namun nilainya hanya 29.40 sehingga tidak berhasil lolos melalui jalur PPD online. Sementara nilai terendah untuk dapat masuk di SMAN 1 adalah 33.50. (vit)