Home > METRO BERITA > OPD Baru Harus Segera Siapkan DPA

OPD Baru Harus Segera Siapkan DPA

METROSEMARANG.COM – Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2017 harus segera disiapkan oleh masing-maisng Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Semarang. Jika mundur maka pelaksanaan seluruh program kegiatan akan mundur dan akhirnya penyerapan anggaran rendah.

Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

”Tahun anggaran 2017, APBD sudah disahkan. Maka segera saja siapkan DPA masing-masing SKPD. Biar segera diverifikasi oleh TAPD dan ditetapkan melalui Sekda dan Wali Kota,” kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Wachid Nurmiyanto, Rabu (4/1).

Jika DPA sudah disahkan maka seluruh program kegiatan dapat segera dilaksanakan. Dia mengingatkan jangan sampai masalah DPA ini mundur. Karena jika itu terjadi, maka seluruh program kegiatan yang akan dilaksanakan juga akan mundur. Dampaknya penyerapan anggaran di akhir tahun juga akan menjadi rendah.

Selain itu, Wachid meminta semua pejabat terutama yang menduduki posisi baru harus segera melakukan konsolidasi internal. Kecuali yang masih menduduki jabatan yang sama maka tinggal menggerakkan seluruh jajarannya untuk melakukan kegiatan.

”Misalnya DPU (Dinas Pekerjaan Umum), gabungan dari Dinas Bina Marga dan PSDA. Karena dan Plt kepal PSDA sekarang menjadi kepala DPU, sehingga tidak perlu konsolidasi lagi. Bisa langsung berjalan. Segera dibuat DPAnya,” katanya.

Selain konsolidasi internal, juga harus melakukan konsolidasi antar dinas. Karena ada dinas yang digabung atau dipecah. Sehingga harus melakukan konsolidasi untuk misalnya pencatatan aset, penataan ruang, dan lainnya yang akan mempengaruhi jalannya pekerjaan.”Terutama aset harus segera dipindahkan, dinventarisir, dan dilegalisasi,” katanya. (duh)