Home > METRO BERITA > Operasi Zebra Candi Digelar, Tiga Pelanggaran Ini bakal jadi Fokus Polisi

Operasi Zebra Candi Digelar, Tiga Pelanggaran Ini bakal jadi Fokus Polisi

METROSEMARANG.COM – Operasi Zebra Candi 2016 resmi dimulai hari ini, Rabu (16/11), serentak di seluruh wilayah Polda Jawa Tengah. Tiga fokus pelanggaran yang akan menjadi perhatian untuk ditindak dalam operasi yang berlangsung selama dua pekan hingga 29 November mendatang.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono mengatakan, kegiatan pengamanan jelang Natal ini juga melibatkan TNI dan pihak berwenang Provinsi Jawa Tengah. Selain penindakan pelanggaran lalu lintas, juga akan dilakukan operasi penyakit masyarakat (pekat).

“Operasi ini sasarannya perilaku pengguna jalan yang ugal-ugalan, ngebut. Kedua, perilaku senang terobos lampu merah. Ketiga, perilaku melawan arus, itu membahayakan,” kata Condro usai memimpin apel Operasi Zebra Candi 2016 di Mapolda Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri ini mengingatkan agar anggotanya tidak menyalahgunakan wewenang saat bertugas di lapangan. Selain itu, petugas dan masyarakat agar tidak melakukan pungli. “Ingat, menerima atau pemberi suap itu melanggar hukum, jangan berikan sesuatu kepada petugas di lapangan,” tandasnya.

Melalui Operasi Zebra Candi 2016, lanjutnya, diharapkan bisa meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Sebagai informasi, pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun lalu tercatat ada 51.901 pelanggaran atau turun 25 persen dari periode tahun 2014. (sap)