Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Imlek Semarang > Orangtua dan Siswa Berbaur Rayakan Cap Go Meh di SD Tunas Harum Bangsa

Orangtua dan Siswa Berbaur Rayakan Cap Go Meh di SD Tunas Harum Bangsa

METROSEMARANG.COM – Puncak perayaan Tahun Baru Imlek atau Cap Go Meh di SD Tunas Harum Bangsa menjadi momentum untuk meningkatkan rasa persatuan. Sekolah yang berlokasi di Jalan Ki Mangun Sarkoro No 9 Semarang Tengah ini menggelar perayaan Cap Go Meh dengan turut mengundang orangtua siswa untuk berpartisipasi, Sabtu (11/2) pagi.

Perayaan Cap Go Meh di SD Tunas Harum Bangsa, Sabtu (11/2). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Ketua yayasan sekaligus pemilik sekolah, Po Soen Kok menuturkan, Cap Go Meh merupakan perayaan tradisonal bagi warga Tionghoa yang sudah berlangsung sejak 5 ribu tahun lalu. Karenanya, pihak sekolah juga ingin agar anak-anak bisa mengenal budaya nenek moyang. “Kami di sini Pancasila, kami tidak membeda-bedakan. Siswa asli Indonesia bukan Tionghoa juga banyak di sini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tak hanya hari besar warga Tionghoa saja yang dirayakan tetapi semua even keagamaan juga turut dirayakan di SD Tunas Harum Bangsa. Seperti saat Natal atau Idul Fitri siswa. “Semuanya kita rayakan tidak hanya Tionghoa, besok Idul Adha juga, ini agar persatuan makin terjaga,” imbuhnya.

Tahun ini orangtua juga dilibatkan dalam perayaan Cap Go Meh. Linda Stepany, salah satu panitia menuturkan bahwa tahun lalu orangtua tidak dilibatkan dalam permainan. “Iya, agar makin erat juga siapa tahu anak-anak malah lebih paham orangtuanya,” tandasnya. (vit)

Tinggalkan Balasan