Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > “Orbit Art Exhibition” Tampilkan Karya 15 Seniman Muda Semarang di Galeri Gallery

“Orbit Art Exhibition” Tampilkan Karya 15 Seniman Muda Semarang di Galeri Gallery

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 15 seniman muda Semarang ikut memeriahkan pameran seni rupa “Orbit Art Exhibition” di Galeri Gallery. Selama sepekan hingga 16 April 2016, karya-karya mereka bisa dinikmati di geleri yang terletak di Jalan Bougenville Raya II/26 Sendangmulyo Semarang tersebut.

Seniman yang terlibat dalam pameran tersebut yaitu:  Ragil Adi Winata, Danni Febriana, Singgih Adhi P, Nahyu Rahma F, Aeliya Nofita, M Ade Iskandar, Akbar Radityatama, Husni Mubarok, Agus Miki, Peri Sunata, Agnes Zakaria, Riki Hadiansah, Fadlul Baqi, Pujo Asmanto, dan Linggar Panengah.  Pameran tersebut ditulis oleh Muhammad Rahman Athian.

 “Orbit Art Exhibition” di Galeri Galleri. Foto: metrosemarang.com/istimewa
“Orbit Art Exhibition” di Galeri Galleri. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Acara tersebut dibuka Teguh Hadi Prayitno selaku pemilik Galeri Gallery pada Minggu (10/4) malam. Karya yang ditampilkan antara lain berupa lukisan, instalasi, drawing, batik, dan video. Menurut Ragil Adi Winata selaku ketua pameran, sebelumnya memang ada tuntutan kepada peserta pameran untuk menampilkan karya baru yang gagasannya sudah didiskusikan bersama.

“Kami memang bertujuan untuk mengorbitkan seniman pada konteks masyarakat Semarang bahkan mungkin Indonesia. Dan ke depan Orbit ini diharapkan menjadi sebuah putaran yang terus bergerak. Bergerak di sini semoga diartikan sebuah gerakan yang berlanjut terus menerus dengan pergerakan positif dan tidak monoton namun tetap stabil,” kata Ragil.

Yang menarik di tengah-tengah ruang galeri tersebut terdapat karya isntalasi sepanjang 3 meter karya Fadhlul Baqi yang berjudul “Happiness or Not?”. Karya yang berbentuk mainan anak jungkat-jungkit tersebut, Fadhlul Baqi menjelaskan dua penggambaran, bahagia atau tidak.

Selain karya Fadhlul Baqi, pada saat masuk pintu galeri disuguhkan lukisan dengan subjek kucing karya Nahyu Rahma. Lukisan yang menghadirkan 3 figur kucing tersebut diberi judul “Friends”. Nahyu berpendapat bahwa sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif.

Acara yang digagas oleh Volume tersebut juga menghadirkan forum diskusi seni rupa yang diisi oleh Wahyu Eko Prasetyo dari Ruang Atas Alternatif Space Surakarta. Diskusi yang diselenggarakan pada Selasa (12/4) tersebut memaparkan tentang gerakan dan management seniman muda dalam komunitas. (*)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link