Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Orisinalitas Penelitian Menentukan Kewibawaan Dosen

Orisinalitas Penelitian Menentukan Kewibawaan Dosen

image
Prof DR DYP Sugiharto memberi motivasi kepada dosen-dosen PTS se-Jateng. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pengalaman dalam membuat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan menentukan kualitas seorang dosen. Untuk itu, dosen dituntut bisa menjaga integritasnya agar tetap dihormati.

“Seorang dosen harus profesional dalam membuat sebuah riset dan jangan sampai melakukan plagiat atau copy paste. Jangan sampai seorang dosen bermasalah soal integritas, karena ancamannya akan kehilangan jabatan dan penghasilannya,” kata Prof DR DYP Sugiharto, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng saat menjadi pembicara Seminar “Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” di Universitas Pandanaran (Unpand), Selasa (30/9).

Dia berharap, semua dosen dan karyawan Perguruan Tinggi Swasta  (PTS) se-Jateng diminta untuk bisa srawung, rukun atau bekerjasama bertukar pengalaman dalam sebuah penelitian untuk pengabdian kepada masyarakat. “Jadi dosen harus bisa mendunia agar bisa dikenal dengan perguruan tinggi lain dan jangan tertutup demi kampusnya,” tandasnya.

Seminar tersebut diikuti puluhan dosen dan karyawan dari PTS se-Jateng untuk mendapatkan motivasi sebuah penelitian pengabdian masyarakat. Acara juga dihadiri Rektor Unpand Drs Erwin Dwi Edi Wibowo MPd bersama jajarannya.

Sementara, Erwin Dwi Edi Wibowo menambahkan bahwa pihaknya memang mendapatkan hibah dari dikti. Hibah ini juga salah satu syarat untuk diseminarkan kepada para dosen perguruan tinggi swasta. (joe)