Home > METRO BERITA > Panel Listrik Dicuri, Penyedotan Rob Kali Banger Terganggu

Panel Listrik Dicuri, Penyedotan Rob Kali Banger Terganggu

METROSEMARANG.COM – Dua buah panel listrik di rumah pompa Kali Banger Kota Semarang hilang dicuri. Akibatnya, dua dari lima pompa mati dan tidak bisa beroperasi.

Banjir rob di Jalan Barito Utara. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Banjir rob di Jalan Barito Utara. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Panel listrik senilai Rp 180 juta itu hilang saat bulan Ramadan 2016 lalu. Kejadian tersebut juga sudah ditangani Polsek Semarang Timur.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat berkunjung ke rumah pompa tersebut, Senin (29/8) siang, menyesalkan pencurian itu. Pasalnya, kedua panel tersebut merupakan bagian penting untuk mengatasi banjir rob di wilayah Semarang Timur.

“Kerugiannya tidak hanya materi tapi kenyamanan warga. Pelaku harus segera ditangkap dan dihukum setimpal, ” kata Hendi.

Menurutnya, pompa Kali Banger terbilang vital karena terintegrasi dengan usaha membuat bendungan di hilir Kali Banger.

“Banger, Bugangan, Citarum bisa turun airnya. Tadi malam hujan 2 jam, kondisi di banger tidak ada masalah karena pompa dihidupkan. Bendungnya agar air laut tidak masuk ke aliran Banger. Kalau hujan tidak ada air pasang tinggi,” tutur Hendrar.

Sementara, Kepala Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang, Agus Riyanto mengaku akan meningkatkan pengawasan di rumah pompa Kali Banger. Pihaknya akan memasang CCTV serta melakukan penambahan terhadap petugas yang berjaga. “Nanti pasang CCTV. Yang jaga dari PSDA, nanti diperkuat 15 orang,” tandas Agus. (yas)