Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pantura Kendal Mulai Padat, Pemudik Diarahkan ke Jalur Lingkar

Pantura Kendal Mulai Padat, Pemudik Diarahkan ke Jalur Lingkar

 

Pemudik mulai memadati jalur Pantura Kendal. Foto Metro
Pemudik mulai memadati jalur Pantura Kendal. Foto Metro

KENDAL – Arus lalu lintas dari arah Jakarta yang masuk jalur Pantura Kendal mulai menunjukan angka peningkatan sejak Kamis (24/7/2014) subuh. Hal ini diakibatkan jembatan Comal Pemalang sudah mulai dibuka sehingga kendaraan pribadi dan sepeda motor mulai memadati jalur ini.

Meski tidak menimbulkan kemacetan, namun kepadatan arus lalu lintas mengakibatkan antrean panjang di sejumlah titik. Antrean kendaraan yang memanjang terjadi di pintu masuk di Weleri,  memasuki Pasar Cepiring dan di Pantura Brangsong serta Pasar Kaliwungu.

Dari pemantauan petugas di Pos Pam Larasati Weleri, jumlah kendaraan yang melintas dan masuk kendal cukup banyak. Hitungan petugas rata-rata mobil pribadi yang melintas dari arah barat atau Jakarta  mencapai 50 hingga 60 kendaraan setiap menitnya. Sementara untuk sepeda motor rata-rata mencapai 45 kendaraan.

Kepala Pos Pam Larasati Weleri, AKP Haryo Deco Dewo mengatakan, kepadatan sudah terjadi sejak dinihari. “Arus kendaraan dari arah barat dialihkan ke jalur lingkar Weleri untuk menghindari kepadatan di Kota Weleri, khususnya di depan Pasar Weleri. Kendaraan diperbolehkan masuk ke kota khusus yang hendak melintasi jalur alternatif Weleri-Temanggung,” jelasnya.

Haryo Deco juga mengingatkan kepada pemudik untuk senantiasa berhati-hati. Pasalnya Pantura Kendal merupakan titik lelah bagi pemudik setelah menempuh perjalanan jauh.  Titik kemacetan dan kepadatan di pantura Kendal selain pintu masuk perbatasan Kendal-Batang, juga di pasar Cepiring, Pantura Brangsong dan pasar pagi Kaliwungu.

Untuk mengantisipasi kepadatan di Weleri kendaraan diarahkan ke jalur lingkar begitu juga dengan di Kaliwungu kendaraan yang hendak ke arah Semarang dialihkan ke jalan lingkar. (MS-05)