Home > METRO BERITA > Para Kepala Dinas Pasrahkan Nasibnya ke Tangan Wali Kota Semarang

Para Kepala Dinas Pasrahkan Nasibnya ke Tangan Wali Kota Semarang

METROSEMARANG.COM – Sejumlah pejabat eselon 2 setingkat kepala dinas pasrah dengan pembentukan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) baru yang akan diterapkan mulai tahun 2017 nanti.

Kadinas Pertanian WP Rusdiana santai menanggapi rencana pembentukan SOPD baru mulai 2017. Foto: metrosemarang.com/dok

Untuk penerapan SOPD baru, saat ini sebanyak 41 dinas sudah dibentuk Pemkot. Sejumlah kepala dinas menyerahkan kepada Wali Kota Semarang apakah masih dipercaya atau tidak untuk menduduki posisi jabatan strategis tersebut.

Seperti Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana. Dia mengaku perombakan karena adanya SOPD baru itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena sebagai abdi negara (PNS) dirinya mesti siap dipindah tugaskan.

‘’Kami menyerahkan penilaian kinerja selama menjabat sebagai kepala dinas yang saya emban kepada Wali Kota Semarang. Tentu beliau punya pertimbangan untuk menampatkan pegawainya sesuai kompetensinya,’’ kata Rusdiana, Senin (26/12).

Namun selama menjabat, dia mengklaim telah bekerja sesuai kompetensinya di bidang pertanian. Senada, Kepala Dinas Bina Marga, Iswar Aminudin juga mengaku pasrah dan menyerahkan semuanya kepada wali kota.

Termasuk terkait dengan pembentukan Dinas Bina Marga yang sesuai SOPD baru akan menjadi satu dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). ‘’Meskipun (penggabungan) itu akan menyulitkan pejabat baru nanti,’’ katanya.

Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Trijoto Sardjoko juga pasrah akan ditempakan dimana. Apalagi, Dinas Pasar nantinya akan dihapus dan hanya menjadi bidang di bawah Dinas Perdagangan. ‘’Pengisian jabatan itu merupakan hak prerogratif wali kota,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebelumnya menyampaikan penempatan pejebatan eselon 2 setingkat kepala dinas akan dilakukan berdasarkan hasil tes secara professional. Kriteria khususnya yang mengedepankan dedikasi dan loyalitas. (duh)