Home > METRO BERITA > Parade Joy Ride, Warga Semarang Tunggangi Panser Panhard

Parade Joy Ride, Warga Semarang Tunggangi Panser Panhard

METROSEMARANG.COM – Sedikitnya 20 kendaraan tempur Jumat (19/8) pagi, mengelilingi Kota Semarang untuk menunjukkan kekuatan ketahanan negara kepada masyarakat luar. Bahkan, warga Kota Lumpia sempat menaiki Panhard Crab tatkala melintasi Jalan Pemuda.

Joy Ride menandai dimulainya Militarry Expo 2016 yang digelar di PRPP, Sabtu (20/8) besok. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Joy Ride menandai dimulainya Militarry Expo 2016 yang digelar di PRPP, Sabtu (20/8) besok. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Panhard Crab merupakan kendaraan andalan TNI AD yang dilapisi baja multimisi. Panhard atau populer disebut kendaraan rudal anti pesawat itu, punya keunggulan kebal tembakan senapan mesin ringan berkaliber 7.62 mm amunisi Armor Piercing (high velocity round). Dengan mengupgrade lapisan baja ke Level 4, Panhard juga dirancang kebal tembakan dari amunisi senapan mesin berat.

Saat Panhard ikut acara tadi pagi, beberapa siswa SMA ikut naik berkonvoi dengan rute dari Jalan Pandanaran, Lapangan Pancasila Simpang Lima, Jalan Gajahmada, Jalan Pemuda, masuk Siliwangi hingga berakhir di PRPP.

“Siang ini, kita baru saja menuntaskan acara joy ride atau perjalanan yang menyenangkan keliling Semarang dengan mempromosikan Alutsista,” kata Dandim 0733/BS Semarang, Letkol (Kav) Puji Setiono kepada metrosemarang.com.

Ia mengatakan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Djaswandi dan Wali Kota Hendrar Prihadi, melepas rombongan parade yang disaksikan petinggi Polrestabes Semarang serta Danlanal Semarang. Tak hanya itu saja, terdapat 100 pengonthel kuno yang ikut berparade. Di barisan belakangnya, ada pula rombongan 20 biker Harley Davidson.

Ia mengaku bangga atas pencapaian TNI dalam meningkatkan kualitas kendaraan perangnya. Sebab, ia kali ini berkesempatan memamerkan berbagai jenis kendaraan tempur mulai Tank Leopard, Tarantula, Astros, dua unit Panhard, dua unit Anoa yang legendaris itu serta didukung kelengkapan senjata tempur lainnya.

“Kita akan memajang 20 kendaraan tempur di Militarry Expo 2016 di PRPP mulai Sabtu (20/8) besok sampai empat hari ke depan. Ini dalam rangka menyemarakan HUT ke-71 RI dan HUT ke-66 Jateng,” tegasnya.

Ruang pamer Militarry Expo juga menampilkan senjata-senjata kecil hingga handgam meriam MP5 yang berjumlah ratusan buah. Semua Alutsista itu diproduksi oleh Pindad dan pabrikan luar negeri. “Dan Leopard yang kita pajang besok buatan Jerman,” tukasnya.

Sukardiman, seorang pengonthel kuno mengaku senang bisa ikut berkonvoi bersama kendaraan tempur milik TNI AD. Ini adalah pengalamannya yang kedua kali setelah tahun lalu ikut ajang serupa. (far)