Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Pasangan Anda Tak Kunjung Melamar? Mungkin Ini Alasannya

Pasangan Anda Tak Kunjung Melamar? Mungkin Ini Alasannya

 

ilustrasi. Foto: vemale.com
ilustrasi. Foto: vemale.com

 

Jika Anda dan pasangan sudah berpacaran cukup lama, sudah berkenalan dengan keluarganya, namun si dia tidak kunjung melamar Anda, jangan buru-buru berpikir bahwa dia tidak serius pada Anda. Memang kemungkinan itu selalu ada, namun bisa juga pasangan Anda memiliki ketakutan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, seperti yang dialami sebagian besar pria lainnya.

Lalu apa alasan pria takut untuk menikah? Menurut Greg Kuhlman, PhD dan Patty Kuhlman, LCSW, pendiri Marriage Success Training, sebagaimana dikutip dari Intisari, pria takut menikah karena tiga alasan sebagai berikut :

Takut Akan Perselisihan di Masa Mendatang

Banyak pria yang memiliki rasa khawatir terhadap tingkat dan kadar kecocokan antara dirinya dan pasangan. “Pria memiliki ketakutan yang irasional. Nah, saat menghadapi hubungan jangka panjang, mereka cenderung menarik diri saat membayangkan soal sifat pasangan yang tidak mereka suka bakal mencetuskan pertengkaran di masa mendatang,” ujar Greg.

Takut Menjadi Tua dan Membosankan

Kebanyakan pria takut merasa tua dan membosankan. Mereka juga takut terisolasi dari lingkungan sosialnya. Perasaan takut ini terutama timbul pada pria yang memiliki banyak teman, gaya hidup yang aktif, dan senang berpetualang. Pria seperti tipe ini cenderung belum mau merelakan kehidupan yang menurut mereka lebih berwarna, sehingga mereka enggan mengikat diri pada komitmen seumur hidup.

Takut Merasa Tidak Puas Secara Seksual 

Setiap orang mempunyai ukuran kepuasan seksual  yang berbeda. Ketika seorang pria takut berkomitmen, bisa jadi dia sebenarnya tidak puas dengan hubungan yang sedang ia jalani bersama pasangannya. Dan dengan menikah, dia takut pasangannya tidak akan bisa memenuhi kebutuhan seksualnya, sehingga dia pikir-pikir seribu kali saat sang wanita sudah memberi sinyal ingin dinikahi. (ren)