Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pasar Burung Magelang Terbakar, Satu Orang Tewas Terpanggang

Pasar Burung Magelang Terbakar, Satu Orang Tewas Terpanggang

METROSEMARANG.COM – Satu orang tewas dalam kebakaran yang terjadi di Pasar Burung Kota Magelang, Rabu (14/9) malam. Korban diketahui bernama Sumardi (70) ditemukan di antara puing-puing sisa kebakaran.

Foto: metrojateng.com
Foto: metrojateng.com

Para relawan dan masyarakat segera mengevakuasi korban untuk dibawa ke RSUD Tidar. Menurut Edi Widjanarko relawan dari Garda Resque Kota Magelang, korban mengalami luka bakar parah.

Edi mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.10 WIB. Titik api diketahui pertama kali dari sebuah kios di sisi barat komplek Pasar Burung. Sejauh ini belum diketahui sang pemilik kios tersebut.

Api muncul dari sisi barat dan dengan cepat menjalar dan menghanguskan belasan kios di disi timur kemudian ke utara. Setidaknya ada 17 kios yang ludes terbakar.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian, setelah sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Kota Magelang dikerahkan ke lokasi.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Joko Budiono mengatakan, api diduga dari lilin. Sebab di pasar itu tidak ada penerangan listrik. “Kami menduga dari lilin yang dinyalakan karena pasar ini tidak dialiri listrik,” terang Joko.

Ia menaksir kerugian yang dialami sebesar Rp 15 juta. Setelah penyelidikan dari polisi selesai dilakukan, secepatnya pasar dengan luas 300 meter ini akan dibangun lagi dengan bangunan semi permanen.

Sebagai informasi, pasar ini dibangun pada akhir 2015 lalu. Sebelumnya lokasi pasar berada di sebelah timur Pasar Burung Sasana Kukila. Namun kemudian dipindah di bagian belakang berdekatan dengan pasar klithikan, karena lokasi lama dijadikan lahan parkir untuk kantor Dinas Pengelolaan Pasar.

Dihubungi terpisah, Kapolres Magelang Kota AKBP Edi Purwanto mengatakan, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terkait dengan kebakaran ini. “Masih diselidiki sehingga belum diketahui apakan ada unsur kesengajaan atau tidak,” kata Edi. (metrojateng.com/MJ-24)