Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Mall & Shopping > Pasar Kembang Kalisari, Sentra Bunga Kota Semarang

Pasar Kembang Kalisari, Sentra Bunga Kota Semarang

 

ilustrasi Pasar Kembang Kalisari (sumber gambar: lekgunsketchbook.blogspot.com)
ilustrasi Pasar Kembang Kalisari (sumber gambar: lekgunsketchbook.blogspot.com)

Tak jauh dari ikon Kota Semarang, Tugu Muda, terdapat deretan kios para pedagang bunga hias dan bunga papan. Kios-kios bunga ini terletak di Jalan Dr Sutomo, namun lebih terkenal dengan sebutan Pasar Kembang Kalisari.

Pasar Kembang Kalisari sudah ada sejak tahun 1980-an. Saat itu, hanya beberapa pedagang bunga yang menggelar lapaknya di bantaran Kali Semarang ini. Lantaran banyak masyarakat yang meminati bunga-bunga yang dijual di sini, jumlah pedagang pun bertambah. Bahkan, mereka mulai membangun kios semipermanen berbahan kayu dan triplek hingga menutupi muka sungai.

Semakin banyaknya pedagang bunga menjadikan kawasan ini terkenal sebagai sentra perekonomian baru di Semarang. Masyarakat Semarang yang ingin mencari bunga hias, memesan karangan bunga maupun bunga papan, biasanya akan njujug ke tempat ini. Bahkan, kini pembeli bunga di pasar ini merambah ke masyarakat luar kota Semarang hingga para wisatawan asing yang kebetulan sedang singgah di kota ini.

Bunga-bunga yang dijual di sini sangat bervariasi. Harga jualnya berkisar mulai Rp 20 ribu hingga ratusan ribu Rupiah. Sedangkan untuk bunga papan atau karangan bunga, mulai Rp 250 ribu hingga Rp 5 juta.

Untuk menuju Pasar Kembang Kalisari cukup mudah. Anda bisa naik bus rapid transit (BRT) jurusan Terboyo-Sisemut atau sebaliknya, lalu turun di halte Domenico Savio. Atau, Anda juga bisa menggunakan angkutan kota yang menuju ke arah Tugu Muda, lalu berjalan kaki hingga ke Pasar Kembang Kalisari. (ren)