Home > METRO BERITA > BANJIR SEMARANG > Pasar Waru Kebanjiran, Pedagang Rugi Puluhan Juta

Pasar Waru Kebanjiran, Pedagang Rugi Puluhan Juta

METROSEMARANG.COM – Luapan Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) yang menerjang sejumlah wilayah di Kecamatan Gayamsari, Senin (13/2) malam, juga berimbas pada pedagang Pasar Waru. Mereka terpaksa libur jualan karena pasar tergenang. Selain itu, barang dagangannya juga hanyut terbawa banjir.

Banjir menggenangi Pasar Waru, Selasa (14/2). Foto: metrosemarang.com/fitri afiati

Salah satu pedagang, Sunardi mengaku rugi karena barang dagangannya banyak yang lenyap. Dia tidak sempat menyelamatkan dagangannya saat banjir setinggi satu meter menyapu kawasan Pasar Waru.

“Barang-barang bekas, kaset elektronik, klithikan banyak yang hanyut. Jadi diperkirakan kerugian kurang lebih Rp 5 jutaan,” ujarnya, Selasa (14/2) siang.

Warga Karangtengah Demak tersebut juga mengatakan kalau air surut kurang lebih satu mingguan. Dia memperkirakan kerugian yang dialami pedagang mencapai puluhan juta rupiah. “Tapi kalau hujan lagi ya tambah airnya,” ujarnya.

Luapan Sungai BKT merendam tujuh RW di Kelurahan Kaligawe. Hanya tiga RW yang terbebas genangan, yakni RW 8, 9 dan 10 lantaran berada di lokasi rusunawa. (MG03)