Home > METRO BERITA > Pedagang Pasar Peterongan Minta Waktu untuk Perbaiki Lapak

Pedagang Pasar Peterongan Minta Waktu untuk Perbaiki Lapak

METROSEMARANG.COM – Para pedagang Pasar Peterongan siap menempati pasar baru hasil renovasi. Namun Ketua Unit Persatuan Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) Sub Pasar Peterongan Margiyono, berharap para pedagang masih diberi kelonggaran untuk memperbaiki lapak yang sudah jadi.

Pedagang Pasar Peterongan. Foto: metrosemarang.com/dok

“Lapak yang dibangun kontraktor proyek sudah jadi, namun masih harus dibenahi lagi lantaran para pedagang butuh kenyamanan dan keamanan terhadap barang-barang dagangan yang akan dimanfaatkan untuk mencari rezeki di Pasar Peterongan,” kata Margiyono yang sehari-hari berjualan pakaian jadi dan seragam sekolah, Minggu (15/1).

Dikatakan, kalau pedagang  menempatkan barang-barang pakaian jadi dan seragam sekolah atau barang dagangan lainnya  di dalam pasar, jelas tidak mungkin. Sebab, lapaknya masih berupa los dan terbuka sehingga keamanannya kurang terjamin.

Hanya saja untuk membuat lapak sendiri, kata Margiyono, jelas tidak mungkin. Sebab, di dalam bangunan cagar budaya, maka perlu melibatkanpemerhati cagar budaya supaya kios di dalam Pasar Peterongan bisa seragam sesuai dengan bangunan cagar budaya.

“Kami, para pedagang akan mengusulkan kepada petugas cagar budaya untuk memberikan saran terhadap kios-kios yang seragam itu yang bagaimana, sehingga bangunan pasar yang merupakan cagar budaya dapat serasi dengan keberadaan kios-kios di dalam Pasar Peterongan,” tambahnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto berharap, agar para pedagang masuk terlebih dahulu di dalam Pasar Peterongan yang telah selesai direvitalisasi. Pihaknya setuju bila pedagang melibatkan petugas cagar budaya untuk membuat kios supaya seragam dan serasi dengan bangunan cagar budaya Pasar Peterongan.

“Namun, perlu diingat pada Senin (16/1) para pedagang sudah menempati lapak-lapaknya di dalam Pasar Peterongan,” katanya. (duh)