Home > METRO BERITA > Pedestrian Jalan Pemuda bakal Dilengkapi Taman

Pedestrian Jalan Pemuda bakal Dilengkapi Taman

Pekerja sedang membuat taman mini di pedestrian depan Balai Kota Semarang. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Pekerja sedang membuat taman mini di pedestrian depan Balai Kota Semarang. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Dinas Bina Marga Kota Semarang melanjutkan pembuatan taman mini di Jalan Pemuda. Pada tahap awal di tahun 2015, taman ini akan dibangun di pedestrian tepat di depan halaman balai kota.

“Ini merupakan program lanjutan sebagai bentuk street art furniture atau hiasan jalan agar pedestrian tidak terkesan monoton dan membosankan,” kata Kepala Dinas Binamarga Iswar Aminuddin, Senin (9/2).

Dijelaskan, street art furniture merupakan hiasan tambahan dari sebuah jalur pedestrian. Bentuknya bisa berbagai macam mulai dari sculpture hingga taman mini.

Karena dibuat mini, pihaknya memang berinisiatif membangun sendiri dengan anggaran yang sangat minim. Meski demikian, pemilihan jenis tanaman dan perawatannya nanti akan melibatkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

“Kami akan meminta bantuan DKP untuk perawatannya. Dana pembuatannya murah dan kami hanya menggunakan dana Operational Maintenance (OM),” tukasnya.

Seorang pekerja yang ditemui di lokasi pembuatan taman, Slamet Raharjo menjelaskan bahwa untuk tahap awal, ia dan beberapa pekerjanya harus lebih dulu memotong dan membongkar keramik di pedestrian. Setelah itu digali hingga 30 centimeter.

Kemudian galian diisi dengan tanah subur agar tanaman hias setinggi 10-20 cm dapat tumbuh dengan baik. Taman ini nantinya akan dipagari dengan batu bata setinggi 15 centimeter agar pejalan kaki tidak menabrak atau merusaknya. (ade)