Home > METRO BERITA > Peduli Kebersihan Air, Warga Plalangan Ajak Warga Lain Pasang IPAL

Peduli Kebersihan Air, Warga Plalangan Ajak Warga Lain Pasang IPAL

Pelatihan IPAL warga Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Pelatihan IPAL warga Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

Sekitar 30 warga Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Semarang, aktif mengajak warga lainnya untuk melakukan pemicuan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal). Mereka adalah beberapa masyarakat yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh perangkat desa dan Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH).

Dalam pelatihan yang berlangsung pada 11 dan 12 Nopember 2014 lalu, warga diharapkan bisa mengajak warga lain untuk mengalihkan limbah dapur mereka ke bak limbah komunal yang sudah tersedia.

“Ini bertujuan untuk mengurangi risiko tercemarnya air di wilayah Gunungpati dengan bakteri yang merugikan,” kata Sanitarian Puskesmas Sekaran, Yunita.

Dia menambahkan, air yang tercemar tersebut mengandung bakteri Ecoli yang merupakan sumber berbagai penyakit seperti diare.

Selain mengalihkan limbah ke IPAL komunal, warga juga diajak untuk memutus rantai perkembangbiakan kuman dengan berbagai cara. “Mencuci tangan dan menguras IPAL secara periodik juga harus dilakukan secara tepat,” ujar Yunita. (ade)