Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Pegadaian Bolehkan Petani Bayar Angsuran saat Panen

Pegadaian Bolehkan Petani Bayar Angsuran saat Panen

METROSEMARANG.COM – Guna mendukung program pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian di pedesan, PT Pegadaian (Persero) meluncurkan produk baru yaitu, Kredit Angsuran Sistem Fidusia Fleksi (Kreasi Fleksi). Dengan Kreasi Fleksi ini para petani dapat mengangsur atau melunasi kewajibannya jika tanamannya sudah menghasilkan atau panen.

Foto: metrosemarang.com/istimewa
Foto: metrosemarang.com/istimewa

Produk ini melengkapi produk sebelumnya, yaitu Kreasi yang sasarannya adalah para pelaku usaha mikro dengan model angsuran perbulan.

Pemimpin Wilayah XI Semarang, Damar Latri Setiawan mengatakan bahwa sasaran produk ini bukan hanya petani saja, tapi juga kalangan peternak, seperti peternak ayam dan pembudi daya ikan bandeng. Dengan adanya produk ini, dirinya berharap agar Pegadaian bisa menjadi mitra untuk kebutuhan modal usaha mereka.

Kreasi Fleksi ini merupakan program terbaru yang diluncurkan 1 Oktober 2016 kemarin. Untuk tahap uji coba, di wilayah Jateng dan DIY hanya dapat dilayani di Area Pati dan Area Jogja. “Selanjutnya akan di kembangkan ke seluruh outlet di Wilayah Jateng dan DIY,” ungkapnya, Senin (24/10).

Damar menambahkan bahwa kreasi fleksi ini ada dua pilihan, yaitu kreasi fleksi sekali bayar dan kreasi fleksi berjangka. Untuk kreasi fleksi sekali bayar, pembayarannya sekaligus tanpa ada angsuran. Jangka waktunya bisa tiga bulan, empat bulan dan enam bulan.

Sedangkan kreasi fleksi berjangka pembayarannya bisa tiga bulanan, empat bulanan dan lima bulanan sesuai jangka waktu kredit maksimal tiga tahun.

“Tarif sewa modalnya bervariasi tergantung jangka waktu kredit. Kreasi Fleksi sekali bayar tarifnya untuk tenor tiga bulan 5,47 persen, empat bulan 7,36 persen dan enam bulan 11,25 persen. Sedangkan untuk Kreasi Fleksi angsuran berjangka tiga bulanan tarifnya 3,50 persen, empat bulanan 5,02 persen dan enam bulanan 8,58 persen,” pungkasnya. (ade)