Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Pekerja Cina yang Masuk ke Jateng Harus Fasih Berbahasa Indonesia

Pekerja Cina yang Masuk ke Jateng Harus Fasih Berbahasa Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jawa Tengah mewajibkan para pekerja Cina yang masuk ke industri-industri di wilayahnya supaya menguasai Bahasa Indonesia. Hal ini penting dilakukan untuk memproteksi pekerja lokal di tengah gelombang tenaga asing menjelang pemberlakuan program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Sesuai surat keputusan Gubernur Ganjar Pranowo, kami wajibkan pekerja asing termasuk dari Cina yang ada di Jateng harus menguasai Bahasa Indonesia,” ujar Wika Bintang, Kepala Dinsosnakertrans Jateng, kepada metrosemarang.com, Rabu (9/9).

Wika menjelaskan, pekerja Cina harus fasih berbahasa Indonesia agar kultur mereka membaur dengan kerarifan budaya lokal. Aturan ini mulai diterapkan pada September 2015 atau sejak Gubernur Ganjar meneken surat keputusan tertanggal 30 Agustus 2015 kemarin.

Wika akan menguji coba dulu aturan yang mewajibkan orang Cina fasih berbahasa Indonesia ini. “Akan saya uji coba selama enam bulan ke depan. Bila mereka tidak bisa berbicara pakai Bahasa Indonesia maka bisa ikut kursus yang dibuka oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes),” kata Wika.

Wika mengisyaratkan bakal menolak permohonan izin bekerja bagi pekerja asing yang tak mampu menguasai Bahasa Indonesia. “Kalau ngga bisa ngomong Bahasa Indonesia akan kami tunda surat permohonan penempatan kerjanya di Jateng. Pokoknya harus bisa ngomong pakai Bahasa Indonesia,” tutur Wika.

Berdasarkan data terkini dari Dinsosnakertrans Jateng, sejak Januari-Agustus 2015 jumlah tenaga kerja asing yang ada di 35 kabupaten/kota masih sekitar 1.620 orang. Jumlah ini relatif sedikit, mengingat obyek industri di Jateng mencapai ribuan unit.

“Tapi untuk saat ini kami belum menerima surat pengajuan baru maupun berkas perpanjangan izin kerja asing. Jumlahnya sekarang masih 1.620 tenaga asing,” tandasnya. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link