Home > METRO BERITA > Pelajar SMK Bagimu Negeriku Olah Jantung Pisang Menjadi Dendeng

Pelajar SMK Bagimu Negeriku Olah Jantung Pisang Menjadi Dendeng

Dendeng jantung pisang hasil kreasi pelajar SMK Bagimu Negeriku Ngaliyan. Foto Metrosemarang
Dendeng jantung pisang hasil kreasi pelajar SMK Bagimu Negeriku Ngaliyan. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Jantung pisang bagi kebanyakan orang tak lagi memiliki nilai ekonomis. Para petani pisang biasanya membuangnya begitu saja tanpa pernah bisa memanfaatkannya. Namun di tangan siswa-siswi SMK Bagimu Negeriku, Ngaliyan, jantung pisang bisa diolah menjadi makanan enak.

Siang tadi (20/11) metrosemarang.com berkesempatan mencicipi dendeng dari jantung pisang karya para pelajar SMK tersebut di lokasi Pameran Teknologi Industri 2014 di Lawangsewu. Dari bentuknya terlihat mirip sekali dengan dendeng daging sapi, aromanya pun tak jauh beda, namun begitu masuk ke rongga mulut teksturnya terasa lebih lunak dari dendeng daging.

Bukan hanya menjadi dendeng, jantung pisang bisa juga diolah menjadi teriyaki dan juga galantine. Namun perlu diingat,  siswa-siswi SMK Bagimu Negeriku memberi tips jika ingin mengolah jantung pisang menjadi makanan. Pilih jantung pisang dari jenis pisang kepok, batu, siam dan kelutuk. Jika dari jenis pisang lain, rasanya akan cenderung pahit karena banyaknya kandungan zat thanin. (MS-01)