Home > METRO BERITA > Pelantikan Presiden, Status Keamanan Semarang Siaga Satu

Pelantikan Presiden, Status Keamanan Semarang Siaga Satu

image
Kombes Polisi Djihartono (foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya)

SEMARANG – Menjelang proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo – Jusuf Kalla, Senin (20/10) pagi, Kepolisian Resor Besar Kota Semarang akan menaikkan status pengamanan di wilayahnya menjadi siaga satu.

“Kita tetapkan siaga satu saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Presiden ke-7 Jokowi dilakukan di Istana Negara besok,” tutur Kapolrestabes Semarang, Kombes Polisi Djihartono kepada wartawan, di Mapolrestabes Semarang Jawa Tengah, Minggu (19/10) siang.

Penetapan status siaga satu itu, lanjutnya, diikuti dengan akan digelarnya operasi ke tempat-tempat khusus secara berkala. Razia oleh petugas dilakukan seperti biasanya namun akan lebih ketat. Meningkatnya status menjadi siaga satu tersebut akan berlangsung hingga ada pencabutan dari pihak kepolisian.

Saat ditanya tentang adanya gerakan massa dari Semarang menuju Jakarta, Djihartono menyebut, hingga saat ini hanya ada laporan pengerahan massa dari elemen mahasiswa saja. Mereka rencananya akan menggelar aksi saat jadwal pelantikan Jokowi-JK tiba. “Jumlah mereka tidak banyak, hanya sekitar sepuluh mahasiswa,” tandasnya. (Yas)