Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Pemerintah Ingin Penyaluran KUR di Sektor Produksi Primer Capai 40 Persen

Pemerintah Ingin Penyaluran KUR di Sektor Produksi Primer Capai 40 Persen

METROSEMARANG.COM – Pemerintah bersama Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi untuk membahas ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga di Hotel Gumaya Semarang, Jumat (31/1). Salah satu pembahasan yang ditonjolkan dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diharapkan mampu mencapai 40 persen khusus sektor produksi primer.

Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemda dan Bank Indonesia di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jumat (31/3). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, tahun ini KUR yang disediakan pemerintah untuk disalurkan adalah senilai Rp 94 Triliun. Pada tahun sebelumnya, sektor produksi primer termasuk pertanian, peternakan, perkebunan dan lain-lain hanya mencapai sekitar 22 persen.

“Kami rasa itu komposisi yang kurang pas. Kami dorong agar sektor produksi primer lebih memanfaatkan KUR ini hingga akhirnya nantiencapai nilai ideal, yaiti 80 persen. Untuk tahun ini mungkin 40 persen terlebih dahulu,” paparnya.

Petani yang menanam tanaman dan panen kurang dari setahun diberikan kredit hanya dalam waktu enam bulan. Pembayarannya pun dimudahkan, yaitu dibayarkan ketika sudah memasuki musim panen. (ade)